Sejumlah ASN di Lingkungan Pemkab Pessel Lakukan Tes Swab

140

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, mengikuti tes swab PCR mencegah penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) hari ketiga, yang digelar di Sekretariat Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Pesisir Selatan, Kamis (19/11/2020).

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Mardi menjelaskan, tes swab yang digelar, menargetkan sekitar 3500 orang lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel), yang berlangsung semenjak hari ini Senin (17/11) hingga 10 hari ke depan melakukan swab dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pesisir Selatan.

Sementara itu, Sekretaris Satuan Tugas Covid-19 Dailipal, didampingi Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Pesisir Selatan, Rinaldi, mengatakan, Alhamudlilah, pelaksanaan di hari ketiga ini antusias Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan tes swab PCR cukup signifikan.

“Tes swab PCR sangat bermanfaat untuk mengetahui sampai sejauh mana karyawan ASN di Pesisir Selatan, apakah sudah terpapar atau belum. Semata-mata untuk mengetahui sejauh mana tingkat terpaparnya, maka sangat penting agar kita bisa lakukan tindakan lebih lanjut. Dan lebih baik kita ketahui lebih awal kondisi kita dibanding tidak diketahui sama sekali,” jelas Dailipal.

Lebih lanjut dikatakan, jika ada yang reaktif positif, maka akan ada penanganan selanjutnya, seperti perawatan dan lainnya. Kalau perlu di rumah sakit.

“Kalau tidak mungkin dengan daya tahan tubuh bagus, maka cukup isolasi di rumah, kemudian kita akan tracing dan treatment untuk pasien Covid-19,” katanya.

Terlihat, hingga hari ini sudah sebanyak 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah mengikuti tes swab PCR, diantaranya, Sekretariat Daerah, BPKD, Dinas Sosial Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Sekretariat DPRD, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, DPMDP2TSP, Dinas Perikanan, BKDPSDM, Badan Perencanaan Daerah Peneliti dan Pengembangan, dan Badan Pendapatan Pesisir Selatan.

(R)

loading...