SDN 37 Pagambiran Gelar Vaksinasi Peserta Didik Usia 6-11 Tahun

315

Padang | Topsumbar — Usai dilaunching oleh Walikota Hendri Septa vaksinasi Covid-19 bagi peserta didik usia 6-11 tahun, Senin (24/01/2022) lalu. Kali ini vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun juga digelar di SDN 37 Pagambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Upaya vaksinasi ini diyakini akan menambah jumlah cakupan vaksinasi bagi warga di Padang yang saat ini per 24 Januari 2021 sudah mencapai 91 persen lebih.

Sebelum nya Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan sangat menyambut baik dimulainya pelaksanaan vaksinasi tersebut sebagai upaya ‘herd immunity’ melindungi generasi muda usia 6-11 tahun dari penularan Covid-19.

“Alhamdulillah kali ini kita resmi melaunching pelaksanaan vaksinasi untuk anak didik kita yang berusia 6-11 tahun. Saat ini capaian vaksinasi kita sudah 91 persen dari target, semoga akan bertambah lagi seiring dilakukannya vaksinasi bagi peserta didik tingkat SD sederajat di Kota Padnag yang jumlahnya 8.000 lebih,” kata Wako sewaktu melaunching secara resmi pelaksanaan vaksinasi di SDN 01, 02, 07 dan 08 Komplek Tanah Air, Kelurahan Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara.

“Mudah-mudahan pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan tidak menutup kemungkinan cakupan vaksinasi kita bisa sampai 100 persen,” harapnya.

Kepala Sekolah SDN 37 Pagambiran Hj. Yusmanelly,S.Pd mengatakan saat ini jumlah murid yang ada 353 orang, namun yang mendapat persetujuan vaksin dari wali murid hanya 86 orang. Dari murid yang 86 orang, hanya 56 orang yang kemudian lolos tahap screening dan bisa divaksin.

“Setelah divaksin anak-anak disuruh istirahat di rumah besoknya kembali ke sekolah. Kalau kondisi siswa fit kita tetap sekolah seperti biasa, seandainya ada yang ada gejala deman kita rekomendasikan agar segera ke puskesmas terdekat,” katanya, Kamis (27/01/2022).

Yusmanelly menambahkan saat ini SDN 37 Pagambiran belum melakukan pembatasan kepada murid yang sudah vaksin maupun yang belum vaksin di Sekolah. Saat ini SDN 37 Pagambiran masih melaksanakan tatap muka bagi seluruh siswa.

Kepala Puskesmas Pagambiran drg. Das Endresva Dewi, M. Si mengimbau kepada wali murid agar mengizinkan anak-anak untuk divaksin, ia juga meminta pada wali murid agar tidak usah takut dengan vaksin, karena vaksin dinilai sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk herd immunity dan meningkatkan kekebalan terhadap ancaman Covid-19.

“Wali murid tidak usah takut, kami menggunakan vaksin yang halal yakni vaksin sinovac untuk anak sekolah. Bagi Anak-anak yang sudah divaksin di SDN 37 Pagambiran, sekolah juga telah menyediakan susu dan snack,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, pihak sekolah juga melakukan inovasi dengan meminta  petugas vaksinator agar berseragam bebas dengan tujuan anak-anak yang divaksin tidak ada yang merasa takut. Selain itu juga disediakan tempat berswafoto dengan Bhabinkamtibmas wilayah setempat.

(Ha/Riko)

 

loading...