Saat Mudik Lebaran, BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan

536

Suasana Jumpa Pers BPJS cabang Padang

PADANG, TOP SUMBAR — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mempermudah prosedur pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS saat mudik yaitu bisa berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPT) meski tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar kota mulai H-8 hingga H+8 pada 7 sampai 23 Juni 2018 di seluruh FKPT walau tidak terdaftar di sana,” kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Padang, Sistri Sembodo pada jumpa pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, di Kantor setempat, Senin (4/6).

Menurut Sistri Sembodo, jika di luar momen mudik peserta diharuskan berobat ke fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas di wilayahnya, maka saat mudik dapat berobat di FKPT manapun yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Hal ini sudah merupakan bagian dari perjanjian kerja sama, antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan, dan peserta tidak dipungut biaya tambahan,” terangnya.

Sistri Sembodo mengatakan, kewajiban melayani peserta di luar wilayah saat libur Lebaran juga berlaku bagi FKPT non puskesmas seperti klinik pratama dan dokter praktik perorangan.

“Apabila tidak ada FKPT di suatu wilayah, peserta JKN-KIS bisa dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar,” ucapnya.

Tidak hanya itu, dilanjutkan Sistri Sembodo, selama libur Lebaran mulai 11 sampai 20 Juni, BPJS Kesehatan cabang Padang tetap buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB untuk memberikan sejumlah pelayanan.

“Pelayanan tersebut mulai dari administrasi peserta seperti mutasi dan aktivasi, pendaftaran peserta, pendaftaran bayi baru lahir serta mengetahui perhitungan denda pelayanan,” jelasnya.

Disebutkan Sistri Sembodo, jika peserta mengalami kendala dalam proses pelayanan selama masa mudik, tetap dapat menghubungi layanan pengaduan BPJS Kesehatan ke nomor 1500400 yang beroperasi 24 jam.

“Akan tetapi semua pelayanan selama libur Lebaran, hanya diberikan kepada peserta aktif. Oleh sebab itu, peserta diharapkan telah membayar iuran sehingga status tetap aktif,” ingatnya.

Kemudian, dilanjutkannya, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan aplikasi “Mudik BPJS Kesehatan” yang dapat diunduh di Google Play Store.

“Aplikasi tersebut berisi fasilitas kesehatan yang ada, info kesehatan, tanya jawab, tips kesehatan hingga sejumlah lokasi penting,” ungkapnya.

Ia mengatakan untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan cabang Padang peserta dapat berobat ke 23 Puskesmas, karena selama libur Lebaran disiagakan untuk memberikan pelayanan

Sementara Dinas Kesehatan Padang, menyiagakan seluruh Puskesmas Rawatan, selama libur Lebaran dan menyiapkan tenaga medis di setiap Posko taktis bersama pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

“Di setiap Posko Pengamanan Lebaran ada tenaga medis yang disiagakan saat mudik,” kata Feri Mulyani selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang.

Selain itu, Feri Mulyani menyebutkan semua Puskesmas juga disiagakan terutama yang rawat inap, untuk melayani pemudik sesuai instruksi Menteri Kesehatan. (Syafri)

loading...