Rang Sikabau Baralek Gadang, Gelar Berbagai Acara Hingga Undang Bupati

358

Topsumbar.co.id | Dharmasraya. Lestarikan adat seni dan budaya Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat gelar Alek Godang Nagari Sikabau selama tiga hari mulai tanggal 24-26 Mei 2022 yang dilaksanakan di berbagai lokasi di Nagari Sikabau. Mengundang Bupati Dharmasraya, pimpinan DPRD, Kadis Budparpora H. ST M Taufik, SE, MM, Kadis Kumperdag Nofriadi Roni Puska, ST. MT (beserta jajaran) kadis Pertanian Darisman,S. Si. MM, walinagari se kecamatan Pulau Punjung, Koperasi Usaho Bundo Tebing Tinggi, koperasi Datuk Nan 9 Gunung Medan, koperasi sawit koto padang, Danramil 03 Pulau Punjung, Polsek Pulau Punjung, Manager PT. Andalas Wahana Berjaya (AWB) Murali beserta undangan lainya.

Disampaikan Abdul Razak walinagari Sikabau sebagai Ketua Panitia kepada Topsumbar, rangkaian acara alek Nagari ini dimulai selasa (24/5) jam 13.00 wib acaranya bakaghu (mando’a) yang diikuti oleh seluruh masyarakat mulai dari unsur niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama dan bundo kanduang dan undangan.

Rabu pagi (25/5) dilanjutkan dengan pemotongan kerbau yang diikuti dengan penampilan kesenian randai oleh siswa SDN 25 Pulau Punjung. Malamnya dilanjutkan dengan hiburan
saluang dangdut.

Kamis pagi (26/5) penampilan seni Jaran Kepang (kudo kepang) dan siangnya setelah shalat Zuhur dilanjutkan dengan acara peresmian Koperasi Sawit Pusako Niniak Mamak (KS-PNM) Nagari Sikabau yang secara agenda oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE. Kemudian malamnya dilanjutkan dengan hiburan KIM.

Razak juga mengatakan”Alek Nagari ini dalam kerangka melestarian tradisi dan mengenalkanya kepada generasi muda Sikabau khususnya agar nilai nilai seni dan budaya yang sudah ada ini tidak hilang begitu saja, ucapan terimakasih kepada semua panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan sesuatunya dan semua pihak yang ikut mendukung terlaksananya acara besar alek kita ini” pungkasnya

(Af)

loading...