PPL dan PPS Mengikuti Workshop IPDMIP

113

Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) adalah program yang dilaksanakan oleh ADB (Asian Development Bank), IFAD (International Fund for Agriculture Development), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Pertanian.

Sebagai salahsatu pelaksana program IPDMIP, Pemerintah Kabupaten Sijunjung berperan aktif guna mewujudkan kedaulatan pangan serta peningkatan kesejahteraan petani.

Bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung dilaksanakan workshop peningkatan kapasitas penyuluh dan staf lapangan IPDMIP pada Selasa-Rabu (30/03-31/03).

Acara ini diikuti oleh PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya), Staf Lapangan IPDMIP serta Koordinator BPP (Balai Penyuluhan Pertanian).

Hadir sebagai penyaji materi terdiri dari Kepala Dinas Pertanian yang juga membuka secara resmi pelaksanaan workshop pada Selasa (30/03), Kasubbid Infrastruktur dari Bapppeda, serta Team Leader IPDMIP.

Komponen IPDMIP terdiri dari ; Komponen (1) penguatan kapasitas kelembagaan dan sistem irigasi pertanian yang berkelanjutan, komponen (2) peningkatan pengelolaan serta operasional dan pemeliharaan irigasi, komponen (3) peningkatan infrastruktur jaringan irigasi, dan komponen (4) peningkatan pendapatan pertanian beririgasi.

Melalui workshop selama 2 hari ini yang juga menghadirkan pembicara dari BPPSDMP secara virtual telah banyak meningkatkan wawasan pengetahuan peserta maupun menyamakan persepsi akan pentingnya koordinasi serta kolaborasi dalam peningkatan kesejahteraan petani.

Dengan adanya IPDMIP produktivitas jadi meningkat kata Yusuf seorang peserta dari Kecamatan Sumpur Kudus.

Sementara Firdaus dari Kecamatan IV Nagari mengungkapkan bahwa dengan irigasi yang baik telah sukses membuat percontohan Mina-Padi.

Pamela dari BPPSDMP Kementerian Pertanian mengharapkan agar model pertanian seperti Mina-Padi inovasi Firdaus bisa terdiseminasi secara baik karena membawa dampak terhadap peningkatan ekonomi.

Penyuluh sebagai garda terdepan IPDMIP harus membantu petani agar ke depan terwujud sistem irigasi yang menghasilkan kesejahteraan, demikian arahan Kepala UPTD-BPPP Jod Bay saat menutup whorkshop sore ini Rabu (31/03).

(Gun)

loading...