Pokja 1 TP PKK Kabupaten Solok Laksanakan Bimtek Untuk Persiapkan Generasi Emas di Era Digital

284

Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok melaksanakan Bimtek Program Pokja I di Ruang Solok Nan Indah, Jumat (26/11/21). Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Solok yang diwakili oleh Sekretaris TP PKK Ny. Retni Humaira, Ketua Pokja I Ny. Aida Herlina,Ketua Bidang 1 Ny. Asnur, SH, MM Bupati Solok yang diwakili Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Benni Darwata, S.ST, dan Pengurus Pokja I TP PKK Kabupaten Solok. Selain itu hadir sebagai peserta Bimtek Ketua TP-PKK Kecamatan, Ketua Pokja I Kecamatan, Ketua TP-PKK Nagari dan Ketua Pokja I Nagari se-Kabupaten Solok.

Dalam sambutannya Ketua Pelaksnan Ny. Aida Herlina menyampaikan dasar Pelaksanaan Bimtek ini antara lain :

  1. PP Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga
  2. Permendagri Nomor 36 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan PP Nomor 99 Tahun 2017 Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.
  3. Keputusan Ketua Umum TP PKK dalam Rakernas ke IX
  4. Rencana Kerja TP PKK Kabupaten Solok tahun 2021

Kegitan bimbingan teknis dan pembinaan karakter keluarga (Pokja 1) se-Kabupaten Solok dengan tema “Penguatan Peran Orang Tua dalam Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital” dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pemahaman dan kapasitas Pengurus Pokja 1 TP PKK Kaupaten Solok dari kecamatan sampai ke nagari dalam menjalankan 10 program pokok PKK khususnya terkait degan Pokja 1.
  2. Meningkatkan kapasitas pengurus Pokja 1 TP PKK kecamatan dan nagari terkait administrasi dan pelaporan.

Dengan dilaksanakannya Bimtek Pokja 1 TP PKK ini diharapkan :

  1. Meningkatkan pemahaman dan implementasi program Pokja 1 yang akan dituangkan dalam rencana kerja Pokja 1
  2. Terwujudnya percepatan pengisian data dan evaluasi kegiatan Pokja 1 sesuai dengan amanat Rakernas ke IX tahun 2019 tentang PKK
  3. Tepat waktunya pelaporan akhir tahun khususnya Pokja 1 kecamatan dan nagari.

Sementara itu sambutan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok yang dibacakan oleh Ny. Retni Humaira menyampaikan permohonan maaf ketua tidak bisa hadir karena ada agenda yang tidak bisa beliau tinggalkan, meskipun demikian tidak mengurangi semangat kebersamaan kita dalam menjalankan kegiatan ini,dengan diselenggarakannya kegiatan Bimtek Program Pokja I ini. Kegiatan ini memiliki makna yang sangat strategis, dan merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerak PKK yang diselenggarakan pada tanggal 9 September 2021 yang lalu.

Bimtek adalah agenda rutin PKK yang dilaksanakan setiap tahun, di samping memperkuat silaturahmi seluruh pengurus TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan dan TP PKK Nagari, Bimtek ini juga dilaksanakan untuk memberikan pembinaan berjenjang dan berkelanjutan, sehingga semua pengurus dapat mengetahui sejauh mana pelaksanaan program pokok PKK khususnya Pokja I di tiap-tiap kecamatan dan nagari apa lagi kita juga di hadapkan di era digital agar beradaptasi dalam pola asuh anak untuk menyonsong generasi Emas di masa yang akan datang. Tak hanya itu, bimtek ini juga sebagai ajang mengevaluasi permasalahan di lapangan dan mencari solusinya secara bersama.

“Secara umum TP-PKK berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia maju melalui gerakan nasional keluarga pelopor perubahan, dengan sasaran strategis menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber daya manusia, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting, serta memutus rantai penyebaran Covid-19,” ucap Retni Humaira menambahkan.

Sementara itu Bupati Solok yang diwakili oleh Benni Darwata, S.ST menyampaikan agar seluruh peserta bimtek dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, yang menyentuh langsung sampai ke kelompok terkecil yaitu keluarga. Dalam rangka mewujudkan generasi emas di era digital ini dan di masa yang akan datang sebagai bibit pemimpin juga tentunya di masa yang akan datang, maka kegiatan TP-PKK ke depannya harus lebih ditingkatkan dan tentunya juga seiring dengan peningkatan kemampuan kader yang berkualitas, serta siap dengan perkembangan zaman di era digital ini.

“Kami berharap kepada kader yang mengikuti bimtek ini untuk terus semangat, berbuat dan berkarya lebih baik lagi ke depannya, tentunya dengan mendukung visi misi kepala daerah menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat dan mempersiapkan generasi emas kita di masa yang akan datang,” ucap Benni Darwata mengakhiri.

(Ha)

loading...