Peringati Hari Jadi, Wagub Sumbar Berikan Apresiasi Pada Satpol PP, Satlinmas Dan Damkar

427

Suasana memperingati hari jadi Satpol PP ke-68 dan Satlinmas Ke-56, dan Damkar ke-99

TANAH DATAR, TOP SUMBAR — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, apel siaga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Tahun 2018 dititik beratkan untuk mengawal pelaksanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak,  sekaligus memperingati hari jadi Satpol PP ke-68 dan Satlinmas Ke-56, dan Damkar ke-99.

“Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, kita mengapresiasi setinggi-tingginya dan penghargaan yang tulus serta terima kasih kepada Satpol PP, Linmas dan Damkar atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang ditujukan selama ini,” ujarnya di sela-sela apel siaga Satpol PP,  Satlinmas dan Damkar di Lapangan Cinduamato Batusangkar Tanah Datar, Selasa (17/4).

Nasrul Abit mengatakan, tantangan dalam penyelenggaraan pemerintah,  berbangsa dan bernegara semakin besar, perlu peningkatan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi masyarakat dan abdi pemerintah. Sehingga dapat lebih profesional,  kompeten dan berintergritas tinggi dan diharapkan dapat menunjang tugas pokok, dan fungsi operasional di lapangan.

“Untuk menyukseskan Pilkada serentak, selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Serta ketelibatkan Satpol PP, Satlinmas sebagai perangkat daerah turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018 ini. Mengawasi tahapan Pikada merupakan sangat penting, bagi jajaran dalam menyikapi potensi gangguan terhadap ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat untuk menyikapi kondisi tersebut,” ujarnya.

Dalam menyikapi perkembangan yang terjadi, Nasrul Abit meminta Bupati dan Walikota di daerah masing-masing, agar mengambil langkah-langkah antisipatif. Antara lain memerintahkan seluruh jajaran Satpol PP, dan Satlinmas meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, sebelum dan sesudah pemungutan suara pada penyelenggaran Pilkada serentak 2018.

“Hal-hal yang menjadi perhatian dalam penyelenggaraan ketertiban umum dalam Pilkada Serentak adalah dengam pelaksanaan koordinasi, integritas dan sinkronisasi. Baik secara vertikal maupun horizontal dengan instansi terkait seperti KPUD, Bawaslu, TNI dan Polri serta Badan Kesbangpol di daerah,” ucapnya.

Nasrul Abit juga meminta agar komunikasi dengan stekhorlder terus dijaga, termasuk dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dalam rangka mencegah menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengam mengutamakan prinsip-prinsip kearifan lokal.

“Satpol PP dituntut bertindak netral, bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika diwilayah demi stabilitas dan keamanan jelang pilkada, dan konsisten menjaga citra wibawa satya Polisi Pamong Praja,” kata Nasrul Abit.

Satpol PP juga harus melakukan deteksi dini, lanjut Nasrul Abit, dan pencegahan dini terhadap potensi gangguan. Disamping itu, anggota Satlinmas diharapkan bertugas secara maksimal membantu petugas KPPS pada saat pemungutan suara, agar berlangsung aman dan tertib.

Hadir dalam acara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Datar,  Wakil Bupati Tanah Datar dan Wakil Walikota Batusangkar, Satpol PP se-Sumatera Barat, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. (Syafri/rel)

loading...