Pemko Padang Gelar Acara Bimbingan Teknis PPRG

62

Sebanyak 104 orang dari 52 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tahun 2021.

Acara Bimbingan Teknis tersebut berlangsung di hotel Axana. Kamis, (15/04/2021) dengan narasumber dari inspektorat dan studi wanita Universitas Andalas.

Disebutkan, bahwa acara Bimtek ini digelar selama dua hari, yaitu sejak tanggal 15-16 April 2021.

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Keluarga, Data dan Informasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengatakan, bahwa acara Bimtek ini akan membahas isu-isu gender, semoga dengan adanya acara ini dapat menyeratakan pemahaman gender dan meningkatkan kapasitas kelembagaan sumber daya manusia.

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Padang, Endrizal, yang dalam hal ini mewakili Wali Kota Padang.

“Saat ini kondisi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan di Indonesia masih tertinggal. Hal inilah yang membuat pemerintah memberikan perhatian serius untuk tercapainya kesetaraan gender dalam pembangunan,” ungkap Endrizal.

Lebih jauh lagi, Endrizal menambahkan bahwa pemerintah juga telah mengeluarkan Surat Edaran Bersama (SEB)tentang strategi nasional percepatan pengarusutamaan gender melalui Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) dan juga dipertegas dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) no 67 tahun 2011 tentang Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

“Semoga kegiatan ini mampu mentransformasikan kesetaraan antara laki-dan perempuan dalam hak-haknya dan terpenuhi kebutuhan strategis gender,” harap Endrizal.

(Ha)

loading...