H. Gusmal Lakukan Pengukuhan Pengurus DPD PKKS Provinsi Riau

441

Jajaran dan penjabat pemerintahan daerah Kabupaten Solok menghadiri rapat kerja dan pengukuhan pengurus DPD Perkumpulan Keluarga Kab. Solok (PKKS) Provinsi Riau, pada hari Sabtu, 04 Juli 2020, yang bertempat di Sekretariat DPD PKKS, lantai 2 (dua) Gedung SMK Telkom Kelurahan Bina Widia Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Acara pengukuhan pengurus tersebut dihadiri langsung Bupati Solok, H. Gusml, SH, SE, MM dan Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu serta Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, H. Desnadefi Gusmal, SH, turut hadir juga Sekretaris LKAAM Kabupaten Solok dan Pimpinan Bank Nagari Cabang Solok serta beberapa pejabat terkait Pemkab Solok. Kemudian dihadiri juga oleh PKKS Provinsi Riau, yang terdiri dari Ketua PKKS, H. M. Faisal, S.Pd, M.Pd dan Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Ginda Bernama, ST serta Wakil Ketua PKKS, Baikal, S.Pi, M.Si, Sekretaris Umum, Fedriyal, S.Si dan jajaran pengurus dan seluruh warga Kabupaten Solok yang tergabung dalam PKKS di Provinsi Riau.

Kegiatan tersebut diawali dengan laporan panitia rapat kerja dan pengukuhan pengurus DPD PKKS (AND. Pandeka), ia mewakili seluruh panitia menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Bupati Solok beserta rombongan yang telah berkenan hadir pada acara DPD PKKS yang dilaksanakan pada hari ini.

“Dalam acara ini ada 3 (tiga) agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini, yakni pengukuhan pengurus DPD PKKS Provinsi Riau, pelaksanaan Rakerda dan silaturahmi dengan Bupati Solok,” tuturnya.

Kemudian AND Pandeka juga menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana adalah dari program kerja organisasi DPD PKKS Riau dan ada 18 IKA Nagari yang ikut kegiatan Raker ini, dimana masing-masing IKA mengutus minimal 3 (tiga) orang dan maksimal 5 (lima) orang per IKA. Kemudian juga ada bundo kanduang provinsi dan mahasiswa yang secara keseluruhan jumlah peserta lebih kurang sebanyak 100 orang. 

Selanjutnya Ketua DPD PKKS Riau (H. M. Faisal, S.Pd, M.Pd) dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT dengan telah dikukuhkannya DPD PKKS Provinsi Riau ini oleh Bupati Solok, mudah-mudahan ini akan menambah motivasi serta semangat kami dalam menjalankan program dan kegiatan organisasi untuk ke depannya.

“Keberadaan organisasi PKKS ini diharapkan menimbulkan sinergitas yang baik antara warga perantauan dengan kampung halaman khususnya dalam rangka kontribusi terhadap pembangunan dan sumbangsih pemikiran serta perkembangan yang positif untuk kampung halaman tercinta,” terangnya.

Kemudian, Faisal menyampaikan bahwa keberadaan SMK Telkom ini, juga merupakan tempat untuk Sekretariat DPD PKKS ini, semoga dapat pula memberikan sumbangsih terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kota Pekanbaru dan ini adalah milik putra Kabupaten Solok.

Terakhir, Ketua DPD PKKS Riau H. M Faisal, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa DPD PKS ini sudah lama berdiri namun belum begitu eksis, tapi kita semua harus tetap bersyukur kepada Allah SWT, dengan mengucapkan alhamdulillah, karena pengukuhan kali ini, langsung dikukuhkan oleh Bupati Solok dan dihadiri oleh penjabat pemerintah daerah Kabupaten Solok, semoga pengukuhan pengurus DPD PKKS oleh Bupati Solok ini dapat menambah semangat kami dan bisa berbuat lebih baik untuk warga serta kampung halaman.

Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada warga perantauan yang telah membangun sinergitas dalam rangka membangun Kabupaten Solok.

Dengan adanya Komitmen kita bersama antara DPD PKKS Riau dan Pemerintah Provinsi Riau dalam perwujudan pelaksanaan program pembangunan di Provinsi Riau dan di kampung halaman serta organisasi PKKS bisa juga membangun dan membangkitkan ekonomi warga Solok yang ada di Riau.

Jon Firman Pandu berharap dengan adanya wadah silaturrahmi seperti ini, semoga tetap terjaga dan terjalin dengan baik, guna untuk memberikan kontribusi yang baik dan pembangunan SDM warga perantauan dan kampung halaman Kabupaten Solok.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu juga menyampaikan bahwa dalam kurung waktu yang tidak lama lagi akan dilaksanakan Pilkada secara serentak termasuk di daerah perantauan ini dan Sumatera Barat, terhadap hal ini diminta kepada kita untuk ikut mensukseskan pelaksanaan helat Politik tersebut serta salurkan hak politik dengan memilih orang yang tepat sesuai dengan keinginan kita bersama.

Kemudian Bupati Solok H. Gusmal, SH, SE, MM dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada saudara Faisal yang telah dikukuhkan sebagai ketua DPD PKKS Provinsi Riau periode 2020 – 2025.

“Bagi Pemerintah Kabupaten Solok, Perantau merupakan aset yang perlu jadi perhatian dan pembinaan karena selain sebagai salah satu wadah silaturahmi antara sesama warga di perantauan juga sebagai sarana untuk melakukan kontribusi dalam membangun lampung halaman,” jelasnya.

DPD PKKS adalah sebagai organisasi yang mewadahi warga Kabupaten Solok di Provinsi Riau, maka dari itu Bupati mengharapkan, semoga PKKS bisa memberikan kontribusi yang nyata terhadap warga Kabupaten Solok berupa, mencari atau menciptakan lapangan kerja, menjalin dan menjaga hubungan silaturahmi serta meningkatkan potensi ekonomi, meningkatkan kualitas SDM dan menjadi masyarakat yang produktif.

Kemudian Bupati Solok H. Gusmal juga berharap, semoga warga Kabupaten Solok menjadi warga kelas 1 (satu) atau yang terbaik di Provinsi Riau, baik dalam hal kualitas maupun kontribusi yang diberikan dalam pembangunan, bak pepatah kita juga ‘Dimana Bumi di Pijak disitu Langit di junjung’.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan semua yang hadir, bahwa perantau Kabupaten Solok tidak boleh melupakan kampung halaman, bagaimana pun sibuknya di rantau dan bagaimana pun kondisinya sediakan juga lah waktunya untuk keluarga dan kampung halaman.

Selanjutnya Bupati berpesan, dalam menyusun Rapat kerja PKKS, maka lakukan hal-hal sebagai berikut :
a. Inventarisir tentang keberadaan dan Profil serta aktivitas seluruh warga Kabupaten Solok yang ada  di Provinsi Riau.
b. Ketahui dengan pasti apa yang menjadi program dan kegiatan pemerintah Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru.
c. Ketahui juga apa yang menjadi program dan kegiatan pemerintah Kabupaten Solok. 
Kesemuanya ini diramu dan dirancang, untuk selanjutnya dijadikan sebagai acuan dan pedoman dalam menyusun program kerja organisasi DPD PKKS Provinsi Riau periode ini.

Pada sesi terakhir Bupati Solok H. Gusmal, SH, SE, MM juga menyempatkan diri memberikan bantuan berupa kain sarung dan baju koko kepada beberapa orang muallaf di Kota Pekanbaru.

(Andar MK)

loading...