Pembangunan Intake dan Jaringan Transmisi Air Bersih di Lintau Dimulai, Bakal Layani 10.000 Pemasangan Baru

169

Bupati Tanah Datar Eka Putra melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Intake dan Jaringan Transmisi Air Bersih yang terletak di Simpang Kalo-Kalo Jorong Tangah Padang, Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, menandai dimulainya kegiatan penyediaan air bersih bagi masyarakat setempat.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V beserta tim yang telah mengalokasikan dana kegiatan pembangunan intake dan transmisi air baku di Luhak Nan Tuo ini,” ujar Bupati Eka Putra di acara itu, Senin (29/03/2021), melansir dari laman Humas Setdakab Tanah Datar.

Disampaikan saat ini 1.122 rumah tangga terbagi di beberapa nagari, baru 6% dari jumlah masyarakat Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara yang mendapat pelayanan PDAM.

Namun di tahun 2017 karena keterbatasan sumber air baku pelayanan terpaksa diberhentikan dan dengan adanya pembangunan intake tahun ini pelayanan PDAM diharapkan kembali mencakup penyediaan air bersih ke seluruh nagari di dua kecamatan tersebut.

“Alhamdulillah, proposal yang diajukan pemerintah daerah melalui PDAM Tirta Alami Batusangkar tentang pembangunan Intake dan Jaringan Tranmisi Air Baku di tahun 2018 telah disetujui dan pembangunannya terlaksana di tahun ini. Kita berharap, ini menjadi solusi atas permasalahan penyediaan air bersih bagi masyarakat,” ujar Bupati Eka Putra.

Dikatakan lebih lanjut, anggaran pembangunannya sebesar Rp. 18.576.701.000,- bersumber dari DIPA Balai Wilayah Sungai Sumatera V, bangunan itu memiliki kapasitas 100 liter/detik dapat melayani maksimal 10.000 rumah tangga pemasangan baru.
“Kami berharap Balai Wilayah Sungai Sumatera V dapat mengalokasikan kembali anggaran untuk kecamatan lainnya di Tanah Datar di tahun-tahun mendatang agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapat layanan air bersih,” ujar Bupati Eka.

Tokoh Masyarakat Lintau Dt. Gindo Besar menyambut baik pembangunan intake dan jaringan transmisi air bersih di daerah itu yang nantinya dapat berdaya guna bagi seluruh masyarakat.

“Mudah-mudahan pembangunan ini berjalan dengan baik, membawa manfaat kepada masyarakat sampai ke anak, cucu dan kemenakan kita di masa depan,” ujar Dt. Gindo Besar.

Ia menambahkan bahwa masyarakat mendukung pembangunan itu, “Manfaatkan sumber daya manusia setempat, tentu harus dengan bimbingan teknis dari para ahlinya,” ujar Dt. Gindo Besar.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V diwakili PPK PSDA Shinta Marino, Direktur PDAM Tirta Alami Batusangkar M. Nazwir, Asisten Ekobang Edi Susanto, Camat Lintau Buo Agusril, Camat Lintau Buo Utara Zulkifli Idris, Wali Nagari dan tokoh masyarakat lainnya.

(Al/Hms)

loading...