Nagari Koto Gadang Koto Anau Sigap Sosialisasikan Intruksi Bupati Mengenai Covid-19

1560

Nagari Koto Gadang Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok melaksanakan Rapat Sosialisasi dalam rangka mengantisipasi serta meminimalisir penularan Virus Corona (Covid-19) di Nagari Koto Anau pada hari Jum’at (13/03/2020) di Aula Kantor Wali Nagari Koto Gadang Koto Anau.

Rapat Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wali Nagari Koto Gadang Koto Anau Edi Setiawan, Amd, tenaga Medis Puskesmas Lembang Jaya Desriza Artika Sari dan Pengurus UKM Epi serta Ketua KAN Koto Gadang Koto Anau Onderus Zubir Dt. Bagindo Sati, turut hadir juga Ketua BPN Koto Gadang Koto Anau Rizaldi Marah Gumilang dan tokoh-tokoh masyarakat, Niniak Mamak, Alim-Ulama, Cadiak-Pandai, Bundo Kanduang serta masyarakat Koto Anau lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KAN Koto Gadang Koto Anau Onderus Zubir Dt. Bagindo Sati melaporkan bahwa acara sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan Intruksi Bupati Solok yang ditindak lanjuti dengan Surat Edaran oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Solok dengan Nomor surat 443.24/544/P2P/Dinkes-2020, tanggal 03 Maret 2020.

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi Infeksi Covid-19 maka pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Solok melalui Puskesmas Lembang Jaya telah melaksanakan sosialisasi dalam rangka mengantisipasi serta meminimalisir penularan infeksi virus Corona (Covid-19),” tambahnya.

Kemudian Ketua KAN Onderus Dt. Bagindo Sati juga menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi mengenai Covid-19 ini sangat besar sekali faedahnya bagi kita semua terutama bagi Bundo-bundo Kanduang yang notabene sebagai “Limpapeh” di rumah nan gadang dan juga untuk mendidik serta merawat anak-anaknya.

“Dengan adanya sosialisasi ini telah menambah pengetahuan kita semua terutama masyarakat Nagari Koto Gadang Koto Anau tentang Virus Corona (Covid-19), yang mana virus ini sangat menakutkan kita semua serta sangat mematikan, karena virus ini sudah banyak memakan korban di muka bumi,” tuturnya.

Onderus Zubir Dt. Bagindo Sati juga menjelaskan dengan diadakan kegiatan sosialisasi ini, kita menjadi tahu apa itu Covid-19 dan apa tanda-tanda yg dirasakan jika kita terinfeksi virus tersebut dan bagaimana cara untuk mengantisipasinya.

Terakhir Ketua KAN Koto Gadang Koto Anau Onderus Zubir Dt. Bagindo Sati mengimbau kepada semua masyarakat dan anak kemenakan yang ado di Nagari Koto Gadang Koto Anau dalam menghadapi wabah penyakit ini dengan cara, memperteguh keimanan kita karena segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini sudah merupakan kehendak Yang Maha Kuasa, untuk itu mari kita berserah diri dan berlindung kepada Allah SWT semoga mengabulkan do’a kita semua.

Kegiatan sosialisasi mengenai Covid-19 ini yang dibuka langsung oleh Wali Nagari Koto Gadang Koto Anau Edi Setiawan Amd dengan membacakan Bismillahirrahmanirrahim, Ia menyampaikan bahwa dunia saat ini lagi dihebohkan oleh wabah penyakit Virus Corona atau Covid-19 yg berasal dari Provinsi Wuhan Cina dan telah merebak dengan cepat kenegara-negara lainnya serta telah banyak memakan korban.

Dinegara kita sendiri dinyatakan ada yang positif terjangkit virus Corona dan telah memakan korban sebanyak 37 dan saat ini ada sebanyak enam orang yang di isolasi di RSUP DR. M. Djamil Padang dan telah meninggal satu orang.

Dari kejadian tersebut Wali Nagari Koto Gadang Koto Anau Edi Setiawan, Amd berharap kepada Allah SWT semoga Virus Corona Covid-19 tidak merebak ke Nagari Koto Gadang Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok.

Beriringaan dengan itu tenaga Medis Puskesmas Lembang Jaya Desriza Artika Sari mengatakan bahwa asal Covid-19 ini dari daerah Propinsi Wuhan Tiongkok dan kasusnya pertama kali dilaporkan pada tgl 31 Desember 2019 yang lalu.

Virus Corona ini merupakan sejenis kuman yg sama dengan Virus-virus lainnya dan kita perlu mengenali gejala-gejala Infeksinya sejak dini, ciri-ciri orang yang sudah terinfeksi oleh Virus Corona ialah :

  1. Sakit tenggorokan sedikit mabuk badan
  2. Mulai suara serak
  3. Mulai Anoreksia
  4. Sakit kepala ringan
  5. Demam lebih 37,8°C
  6. Batuk lebih banyak dan berdahak
  7. Sakit menelan dan nyeri
  8. Frekuensi nafas pendek
  9. Diare dan muntah
  10. Sulit bernafas
  11. Terasa sakit kepala, nyeri sendi, sakit punggung, jelas Tenaga Medis Puskesmas Lembang Jaya Desriza Artika Sari.

Kemudian Desriza Artika Sari juga menjelakan tata cara untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona ini merasuki tubuh dan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan cara lebih meningkatkan kewaspadaan diri dengan pola hidup sehat dan bersih dan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut :
a. Sering cuci tangan pakai sabun atau seftik
b. Gunakan masker bila batuk pilek
c. Konsumsi gizi seimbang dan perbanyak sayur serta buah
d.Hindari kegiatan-kegiatan berkumpul.

Terakhir Desriza Artika Sari mengajak seluruh masyarakat Nagari Koto Gadang Koto Anau untuk selalu menjaga kebersihan diri dan menjaga kebersihan lingkungan.

(Bgs/Andar MK)

loading...