Nagari Koto Baru Menyusun Programa Penyuluhan Pertanian 2022

82

Hari ini (9/2) dilakukan pertemuan penyusunan programa penyuluhan pertanian 2022 di Nagari Koto Baru-Kecamatan IV Nagari-Kabupaten Sijunjung.

Pertemuan yang dilaksanakan di Kantor KAN Koto Baru ini diikuti oleh Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari, Ketua BPN, Ketua KAN, Ketua LPM, Ketua Gapoktan Kobar Sepakat, Ketua Keltan, Ketua P3A, Staff Lapangan IPDMIP (Integrated Participatory Development Management of Irrigation Program) dan Ketua Tim Penyusun Programa Penyuluhan Pertanian Nagari 2022.

Dalam sambutannya Wali Nagari Koto Baru Pendri Yusman mengatakan agar terbina saling meningkatkan antara kelompok tani dengan pemerintahan nagari hendaknya.

Kemudian data kelompok tani dicocokkan lagi dengan RDKK hendaknya, dan sosialisasi peraturan ataupun pedoman pembentukan kelompok supaya digiatkan lagi ujar Wali Nagari Koto Baru.

Sementara itu Koordinator BPP diwakili oleh Penyuluh Pertanian Urusan Supervisi Israil menyampaikan mengenai teknik penyusunan programa penyuluhan pertanian yang diawali dengan identifikasi keadaan, masalah, tujuan serta cara mencapai tujuan.

Programa ini disusun t-1, yang artinya satu tahun sebelum pelaksanaan kegiatan unsur-unsur programa tersebut, baik aspek perilaku maupun non perilaku sudah terencana dengan baik.

Terutama unsur non perilaku sebagai bahan utama dalam Musrenbang secara berjenjang mulai dari desa, tukuk penyuluh yang terkenal cukup tegas ini menutup sambutan.

Dengan dilaksanakannya penyusunan programa ini, maka sudah 4 nagari yang melaksanakannya di Kecamatan IV Nagari dengan sumber biaya berasal dari nagari.

Diharapkan kedepan pelaksanaan sistem penyuluhan pertanian akan semakin lebih baik lagi.

(Gun)

loading...