Mengenang Jasa Para Pahlawan, DKC Pramuka Bawa Obor Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Tunas Bangsa Kota Solok

98

Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 0310 Kota Solok ikut terlibat dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76, kegiatan yang dimaksud adalah Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tunas Bangsa Kota Solok pada malam tanggal 16 Agustus 2021.

Apel kehormatan dan renungan suci memiliki tujuan untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang maupun pahlawan pasca Kemerdekaan RI.

Dewan Kerja Cabang bertindak sebagai pembawa obor penerangan Inspektur Upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Solok Kota, Ferry Suwandi, S.IK.

Hadir dalam apel tersebut, Wali Kota Solok Zul Elfian bersama Wawako Ramadhani Kirana Putra, Wakil Ketua DPRD Kajari Solok, Ketua Pengadilan Negeri Solok, Ketua Pengadilan Agama Solok serta para Perwira TNI/ Polri teritorial Solok.

Pelaksanaan Apel Kehormatan berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya melibatkan banyak anggota Pramuka untuk bertugas sebagai penyala lilin pada tiap-tiap makam, namun karena masa pandemi Covi-19, kegiatan itu ditiadakan.

Seusai apel, Kapolres Solok Kota mengatakan, semangat perjuangan pahlawan harus tetap dikenang dan diresapi oleh generasi penerus saat ini, untuk melanjutkan perjuangan dalam meraih kesuksesan membangun negeri.

“Saya berharap, menjelang HUT RI ke-76, melalui kegiatan renungan suci ini dapat menjadi kesadaran kita semua seluruh lapisan masyarakat agar selalu semangat berjuang untuk meraih prestasi di bidang masing-masing,” tuturnya.

“Dengan mengingat perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang tak henti berkorban demi Kemerdekaan Republik Indonesia, khusunya pada situasi sulit pandemi Covid-19 saat ini. Mari kita berjuang bersama-sama dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” tutup Kapolres.

(gra)

loading...