Menelisik Tambo Alam Surambi Sungai Pagu di Solok Selatan – Bagian II

Link bagian I (https://www.topsumbar.co.id/menelisik-tambo-alam-surambi-sungai-pagu-di-solok-selatan-bagian-i/)

Hai, Topers.

Gimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu ya, amin. Setelah bertualang jauh ke masa alam Solok Selatan baru dibuka, sekarang kita kembali membahas gelombang kedua dari kedatangan inyiak-inyiak tersebut. Namun sebelumnya untuk gelombang kedua dan ketiga ini sedikit banyak kesimpangsiuran cerita sehingga di akhir pembahasan nanti akan kita adakan analisis data dan juga memakai teori deduksi sejarah. Sejujurnya kita tidak tahu atau data-data tersebut memang sengaja ditutupi hingga sekarang, namun begitu kebenaran hanya ada satu.

Bacaan Lainnya

Setelah berhasil mengumpulkan data, kami duduk melingkar dan membahas beberapa hal yang kami rasa janggal. Secangkir kopi pahit terhidang masing-masing ketika kami bersila di rumah kayu itu, masing-masing menyandang kain sarung karena cuaca memang sangat dingin. Lalu mengemukakan pendapat berdasarkan apa yang telah kami himpun baik berupa data tulisan maupun lisan.

Tak disangka, ternyata pertemuan tersebut berbuntut panjang hingga menjelang subuh, itu pun baru membahas hingga gelombang kedua. Kami tak banyak berdebat pada kisah gelombang pertama karena memang keseluruhan cerita kami masing-masing tak begitu jauh berbeda, baik tentang penamaan daerah baru ataupun jalur yang ditempuh. Namun saat masuk ke gelombang kedua dan ketiga, mulai muncul banyak sengketa cerita sehingga harus dilakukan pengujian data berkali-kali dan itu … sangat menggairahkan sekali.

Baiklah, Topers. Tanpa berlama-lama lagi inilah dia gelombang kedua yang datang ke daerah Solok Selatan masa dahulunya setelah gelombang pertama yaitu Inyiak Samilu Aie dan Inyiak Samiek. Mari kita let’s go!

GELOMBANG KEDUA

Dikisahkan bahwa gelombang kedua yang datang dan menghuni alam Solok Selatan sekarang adalah Inyiak Nan Salapan (delapan orang nenek moyang) mereka mengikuti jalur yang sudah ditempuh oleh pendahulu mereka yaitu kelompok Inyiak Samilu Aie dan Inyiak Samiek.

Pada masa itu, di Taratak Baru, Taratak Bukareh dan Taratak Paneh sudah mulai berkembang kehidupan. Tanah sudah digarap, tepian mandi sudah dibaguskan, sawah sudah dibuat berjenjang (untuk pendirian surau dan lainnya kami belum menemukan sumbernya, barangkali memang belum ada karena masanya masih jauh dari persebaran islam yang baru masuk pada abad ke-7 M).

Delapan orang inyiak tersebut adalah :

1. Inyiek Nan Kawi Majo Ano (sebagai Kepala Rombongan)
2. Inyiek Ramang Itam
3. Inyiek Ramang Putieh
4. Inyiek Ratu Sarek
5. Inyiek Indalan
6. Inyiek Kumbo
7. Inyiek Ba’ani
8. Inyiek Candai Aluih

Namun menurut sumber kedua gelombang yang datang ini hanya bertiga saja, yaitu:

1. Inyiak Nan Kawi Majo Ano
2. Inyiaki Duano Gaja Gilo
3. Inyiak Niniak Parendangan

Namun bagaimanapun itu, bisa saja mereka memiliki gelar atau sebutan lain sebagai tanda. Kesepakatan mengenai hal ini telah dijadikan perdebatan panjang yang berujung kepada kebuntuan karena keterbatasan data yang ada. Namun yang berhasil disatukan dari sumber tersebut adalah bahwa gelombang kedua ini memiliki postur tubuh yang besar dan kuat.

Setelah sampai dan melihat bahwa di Ujung Jalan sudah ditempati oleh Inyiak Samilu Aie dan Inyiak Samiek, mereka pun membuat daerah sendiri yang dinamakan dengan Banuaran (berasal dari kata Benua yang berarti pulau tempat tinggal karena letaknya berada di seberang Batang Bangko).

Permasalahan kembali timbul, dalam Tambo Alam Surambi Sungai Pagu disebutkan bahwa Banuaran lah yang tercatat sebagai kampung tertua. Dibunyikan sendiri seperti yang tertulis:

Banamo Kampuang Banuaran, yaitu Kampuang nan Tatuo dalam Alam Surambi Sungai Pagu, kedudukan Daulat maso dahulu, mulo mandapek di Kualo Banda Lakun, datang dari hilir Batang Hari nan mamudiakkan Batang Bangko,
Banuaran Kotonyo Tuo,
tampek Inyiak Syamsudin Sadewono,
kebesaran tidak dijago alamat hancua kasudahannyo,
nan tuo Puti Lipur Jajak, Babungka Ameh duo baleh tail,
pandai batenggang di nan tidak wakatu lapang jaan jaie,

Diduduki wakil baliau sasudah pindah ka Kampuang Dalam, yaitu Bagindo Sultan Besar, memakai fungsi Daulat Tak Rajo Kaganti Rajo, didampingi Datuak Rajo Mulia yang memuliakan kebesaran Daulat tampek ba iyo jo batido, melaksanakan amanat dari Daulat, mamegang pitaruah dari Daulat, satitiak jadikan lauik, sabingka jadikan gunuang, pimpinan di Pauah Duo nan Batigo, melayiakan Perahunya masing-masing nan dimuek oleh ka ampek suku, kok satantang Bagindo Sutan Besar lambang di Pauh Duo nan Batigo, Nan Mamakai Tambilang nan Ampek, timbalan di Rajo Nan Barampek, nan Ba-sampin Ba-urang Gadang, Nan ba-manti ba-ampang Limo. Basa Ampek Balai di Pagaruyuang, Bagindo Sutan Besar sarato Datuk Rajo Mulia dan Datuk Bagindo Mudo, Kaampek Datuak Rajo Nan Baso yaitu Urang Nan Satu Rumpun.

Kok Nan Tuo Datuk Rajo Mulia pucuak dari ampek buah Paruik, Kok Timbuah silang jo sangketo dan tumbuah jalan basaluran, kato pulang kapado pimpinan, kok satantang tambilang nan ampek nan duduk di pintu nan ampek, manjago kunci jan ta kilie, manjago pintu nak janngan kupak, lalok jangan kamalingan lupo jangan katinggalan, kok tagaknyo barampek gentang kok duduknyo batingkek barih, adat limbago kok di tuang, satitiak jangan di bari, baitu tibo di lantai tuo, ka pa angguakkan Daulat Nan Dipataruahkan kapado kamanakan Baliau Nan bagala Bagindo Sutan Besar, Pimpinan Pauah Duo Nan Batigo, Payuang Panji Kampek Suku.

Pihak di camin taruih, pamandang adat jangan rusak paliek barih jaan hilang, pancaliak pusako jaan lanyok, papatah sudah mangatokan, tibo di cupak samo kito lili tibo di undang kito karasi, hulu tidak ba muaro lai, di siko kusuik indak salasai – Ikolah kaguno camin oleh suntiang pamenan, pandang taruih dinan batin baliak jajak itu dari pauah duo nan batigo sataruihnyo kapado kaampek suku.

Kok satantang di tiang panjang, panjang di adat jo limbago panjang barih jo pusako, kok kaateh tarmbun jantan sampai ka pucuak ubun-ubun, kok kabawah takasiak bulan sampai kakarang nan bajojo,
di lipek batang langkueh
di ambiak pamasak samba lado
ingek-ingek tuan di ateh
nan di bawah kok manimpo.

Kok tibo di lantak tuo, lantak tuo di Lasuang Batu – Rukun jo Sarat kalau talupo, alamat nan di angan indak kan lalu. Adopun ka ampek suku nan duduk di Kampuang Kapau. Bilo kito indak sauku – alamat rundiang manjadi kacau-balau, ikolah tapatan Rajo mandatang dari Ranah Pasia Talang, Sasampai maliek ulayat masiang-masiang.
Kok Pauah Duo Nan Batigo, Rajo dalam cancang latiahnyo nan mampunyai parahu nan kokoh nan di muek oleh kaampek suku, yaitu Cancang Latiah Di Pauah Duo, Nan di pakai di ampek suku, baitulah suri kito tanuni, kok bunjai samo kito ulasi.

Setelah membacanya, kami tertegun sementara. Yang terlintas dalam pikiran adalah bahwa Inyiak Samsudin Sadewano/Sadewono itu baru hadir pada masa gelombang ketiga nanti, yaitu ketika orang-orang dari Pagaruyung yang dinamakan Inyiak 60 Kurang Aso melakukan perjalanan dan mendirikan kerajaan yang bernama Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, berdampingan dengan Kerajaan Alam Jayo Tanah Singiang di Rantau 12 Koto (Sangir sekarang) lantas mengapa dalam gelombang kedua sudah ada?

Berkutat dengan bukti dan data yang ada serta analisis sejarah, terkuaklah bukti bahwa benar Banuaran sebagai kampung tertua dalam Tambo Alam Surambi Sungai Pagu karena Inyiak Nan Kawi Majo Ano adalah orang Pagaruyung, atau pada masa itu masih bernama Kerajaan Bunga Setangkai (berdiri sekitar abad ke-5 M) dan jika memang benar, kedatangan Inyiak Samsudin Sadewano pada gelombang ketiga nanti juga akan ke Banuaran karena telah didahului oleh pendirinya, baru kemudian ke Pasir Talang tempat pusat Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.

Sekarang, jika kamu berkesempatan datang ke Banuaran, kamu akan menemukan kuburan besar dan panjang yang dipercaya sebagai kuburan inyiak-inyiak dahulu. Juga sebuah cerita yang dapat disingkat dengan; Banuaran Koto Tuo, mamasak ka Batu Bajarang, manjamua ka Taratak Paneh, manumbuak ka Lasuang Batu, makan basamo di Bukik Ulam. Adapun jarak antara Batu Bajarang dengan Banuaran tidaklah jauh, kamu bisa membaca asal-usul nama Batu Bajarang di sini; Batu Bajarang, Negeri di Tengah Pulau dan juga kaba yang masih hidup di daerah tersebut (terkategori sebagai kaba tarekh). Sementara Lasuang Batu berada sekitar 8 km dari Banuaran, juga masih banyak kaba yang beredar di sana yang dapat kamu telusuri tentang orang-orang berbadan besar dan tinggi.

Dari sini kita menemukan tahun yang sedikit cocok, yaitu gelombang kedua datang sekitar abad ke-5 M. Namun bagaimana dengan daerah atas Solok Selatan?

Itu akan kita bahas di jelajah selanjutnya, Topers. Selalu tunggu up date jelajah sejarah dari Top Sumbar ya.

(Haris)

Pos terkait