Mars Sumatera Barat Bergema di DPRD Sumbar, Sudah Sah jadi Perda

86

Padang | Topsumbar – Sudah ketok palu dan di sah kan. Kini Sumatera Barat punya Mars sendiri. Pengesahan Mars Sumatera Barat tersebut ditetapkan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Senin (13/6/2022) diruang sidang utama kantor DPRD Sumbar, dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, dengan telah ditetapkannya Perda tentang Mars Sumatera Barat, maka lagu Mars Sumatera Barat merupakan lagu wajib setelah lagu Indonesia Raya. Mars tersebut sudah dapat dinyanyikan pada setiap event-event yang berhubungan dengan Sumatera Barat.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah menetapkan Perda tentang Mars Sumatera Barat, semoga dengan hadirnya lagu tersebut bisa lebih meyakinkan kita terhadap kecintaan kita terhadap Ranah Minang,” ujar Supardi.

Mengenai Sosialisasi, Supardi meminta Gubernur Sumbar sesegera mungkin membuat Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengikat. Supaya Mars Sumatera Barat dapat berkumandang tidak hanya di Provinsi,tapi Kabupaten/Kota di Sumbar akan terikat dengan lagu tersebut.

“Kita minta Gubernur Sumbar segera keluarkan Pergub tentang lagu Mars Sumatera Barat supaya lagu tersebut berkumandang disetiap acara-acara resmi. Kapan perlu nanti ditempat-tempat sarana hiburan seperti, hotel, restoran dan tempat pariwisata, lagu ini juga kita kumandangkan sehingga lagu ini tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang, namun juga dinikmati oleh seluruh masyarakat Sumbar,” tutur Supardi.

Sementara, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi mengapresiasi semua pihak yang terlibat atas lahirnya Perda tentang lagu Mars Sumatera Barat. Dengan hadirnya lagu Mars Sumatera Barat menurut Audy, akan menumbuhkan semangat gotong-royong dan menambah kecintaan masyarakat terhadap Sumatera Barat.

“Alhamdulillah Mars Sumatera Barat sudah ditetapkan dan tugas kedepannya adalah bagaimana mensosialisasikan agar lagu ini dapat berkumandang diseluruh pelosok Sumatera Barat. Nantinya kita akan pelan-pelan sosialisasikan mulai dari sekolah- sekolah sampai ke tingat tertinggi,” pungkas Audy. (HT)

loading...