Malam Ini, 20 Bulan Menuju Pemilu 2024

477

Sijunjung │ Topsumbar – Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt bersama Forkopimda menghadiri Launching Tahapan Pemilu Serentak 2024 secara virtual yang dilaksanakan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung pada Selasa (14/6).

Turut menghadiri zommeeting Launching Tahapan Pemilu Serentak 2024 ini antara lain Ketua KPU Kabupaten Sijunjung Lindo Karsyah, SS, M.IP, Ketua Bawaslu Agus Hutrial Tatul, S.Pi, Asisten I Setdakab Aprizal, M.Si, Kepala Disdukcapil Febrizal Anshori, SH, M.Si, Plt. Kadiskominfo David Rinaldo, SSTP, Kakan Kesbangpol, Komisioner KPU serta perwakilan Parpol.

“Indonesia adalah negara dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi di dunia, yakni sebesar 81 %” demikian Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sambutannya pada awal acara Launching Tahapan Pemilu Serentak 2024 malam ini.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani yang menyampaikan sambutan mengatakan “Pemilu adalah pengamalan sila ke-empat Pancasila yang merupakan legitimasi oleh rakyat”.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari yang menyampaikan sambutan turut menyapa para “zoomeeyin dan zoomeeyat” yang hadir di 514 kabupaten/kota se-Indonesia meminta seluruh jajarannya latihan tersenyum agar maksimal melayani peserta Pemilu dan pemilih.

“Di antara yang saya sampaikan kepada rekan-rekan sejawat saya, kolega kerja saja, teman-teman di KPU pusat, KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, karena Pemilu adalah konflik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan, maka sesungguhnya KPU penyelenggara Pemilu adalah manager konflik. Oleh karena itu dilarang anggota KPU menjadi bagian faktor penyebab konflik,” kata Hasyim Asy’ari.

“Pada malam hari ini, malam Rabu tanggal 14 Juni 2022 kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara dan menurut mandat konstitusi dan mandat undang-undang pada hari ini adalah hari dimulainya tahapan pemilu tahun 2024,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

“Tentu KPU tidak bisa bekerja sendirian, kami selalu mohon dukungan kepada pemerintah, DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa Indonesia dan juga mohon dukungan seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Dengan dilakukannya penekanan sirine secara bersama di Jakarta berarti telah resmi dimulainya tahapan Pemilu 2024 yang juga dihadiri di Kabupaten Sijunjung secara virtual.

“Masa kampanye hanya 75 hari dan pada 13 Agustus 2024 adalah akhir masa jabatan DPRD Kabupaten Sijunjung,” demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sijunjung Lindo Karsyah, SS, M.IP diakhir acara.

“Kemudian pada 27 Nopember 2024 kita akan mengadakan Pilkada serentak, untuk itu mohon dukungan moril dan koordinasi dari kita semua,” ujar Ketua KPU Kabupaten Sijunjung Lindo Karsyah, SS, M.IP menutup acara.

(Gun)

loading...