Majukan Wisata Pertanian, Nasrul Abit Tinjau Lokasi Penas Tani 2020

666

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau lokasi Penas Tani 2020

PADANG, TOP SUMBAR — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berharap, lokasi pekan nasional (Penas) Tani Tahun 2020, selain memeriahkan kegiatan Penas Tani, juga dibangun persiapan tanaman holtikultura, agar nanti dijadikan lokasi agrowisata buah, yang dapat dikunjungi oleh semua orang, termasuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Hal tersebut dikatakannya dalam kesempatan meninjau lokasi Penas Tani 2020 Padang-Sumatera Barat, di Aie Pacah belakang Balai Kota Padang, Jumat (2/3).

“Persiapan lokasi dan tanaman, tentunya ini menjadi bagian dari produktivitas pertanian Indonesia yang ada di Sumatera Barat. Spesifik buah-buahan dan tanaman lainnya, tentu akan menjadi lebih menarik hati, karna lokasi tanaman ini ditata secara profesional,” kata Nasrul Abit.

Lebih lanjut Nasrul Abit mengatakan, Jika lokasinya siap tentu akan menjadi daya tarik wisata, khususnya wisata pertanian yang nilai ekonomisnya sangat tinggi. Orang bisa memetik langsung, membeli dan membawanya pulang.

“Maka dari itu tanamannya harus ditata dengan baik dan penuh dengan kehati-hatian, sehingga dapat menjadi referensi kemajuan dunia pertanian di Sumatera Barat,” ucap Nasrul Abit.

Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Provinsi Sumatera Barat Chandra dalam kesempatan itu menyampaikan, dalam memeriahkan dan syarat kesuksesan acara Penas Tani tersebut, ditentukan oleh pengolahan, penataan dan produksi serta lahan seluas 10 hektar.

“1 hektar untuk buah-buahan, 1 hektar untuk lahan basah untuk tanaman seperti padi,

“Selain untuk lokasi acara, 1 hektar untuk buah-buahan, 1 hektar untuk lahan basah untuk tanaman seperti padi, sisanya untuk yang lainnya, seperti bunga dan tumbuhan produksi pangan lainnya,” papar Chandra.

Chandra menambahkan, kegiatan Penas Tani di Kota Padang akan dimulai tahun 2019 dengan kegiatan Livestock Peternakan. Diperkirakan orang akan berkunjung selama 7 hari kerja tersebut sebanyak 70.000 orang, tentunya semua ini akan memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melihat lokasi Penas Tani tersebut didampingi oleh Kadis Distanhorbun Provinsi Sumatera Barat, Kadis Perikanan, Kadis PSDA, Ka Balitbang dan Kadis Pertanian Kota Padang. (Syafri)

loading...