Mahyeldi-Audy Besok Dilantik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Istana Negara

800

Informasi mengenai pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sumbar tepilih pada pilkada 2020 lalu beredar di media sosial. Besok, Kamis 25 Februari 2021, Presiden Jokowi akan melantik Mahyeldi-Audy Joinaldi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Istana Negara.

Kesahihan informasi itu sudah dapat dipastikan karena langsung diberitahukan oleh Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal, Rabu 24 Februari 2021.

“Breaking News. Besok (Kamis 25 Februari 2021) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, akan dilantik oleh Presiden di Istana Negara. Tks,” ungkap Jasman Rizal di WAG Sumbar dalam Online.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat telah menggelar rapat paripurna pengumuman dan penetapan usul pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, di ruang rapat utama DPRD Sumbar, Selasa 23 Februari 2021.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi wakil ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, pemerintah provinsi dihadiri Pj Gubernur Sumbar Hamdani dan Sekretaris DPRD Sumbar Raflis.

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, Dalam surat Menteri Dalam Negeri nomor 120/3262/SJ, 17 Juni 2015 dinyatakan pimpinan DPRD Provinsi mengusulkan pemberhentian dan atau pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri dengan melampirkan berita acara dan risalah rapat paripurna serta keputusan DPRD tentang usul pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Keputusan DPRD diberi nomor: 5/SB/2021 tentang usul pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat 2020,” ujar Supardi.

Menurut politisi Gerindra Sumbar ini, sesuai periodesasi dan tahapan perencanaan pengembangan jangka panjang daerah, masa jabatan gubernur dan wakil gubernur terpilih pilkada 2020 merupakan periodesasi strategis dan krusial.

(Ha)

loading...