Lembaga Yang Menampung Suara Rakyat, Nasrul Abit : MPR Miliki Peran Penting Dalam Melaksanakan Pembangunan

659

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menghadiri acara pelantikan Wakil Ketua MPR RI

JAKARTA, TOP SUMBAR — Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai salah satu lembaga tinggi negara, yang memiliki peran sangat penting dalam melaksanakan pembangunan. Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), MPR merupakan lembaga yang menampung suara rakyat dan merupakan lembaga yang memiliki kekuasaan legislatif di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menghadiri pelantikan beberapa wakil ketua MPR Republik Indonesia (RI) yang baru di Gedung DPR RI di Jakarta, Selasa (28/3).

“Pelantikan beberapa wakil ketua MPR merupakan suatu hal yang biasa. Pelantikan tersebut dikarenakan ada pergantian posisi,” kata Nasrul Abit.

Wakil Ketua MPR RI yang baru dilantik tersebut yakni, Ahmad Basara dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kepada wakil ketua MPR RI yang baru dilantik Nasrul Abit mengucapkan selamat, dan sukses selalu dalam mengemban amanah. “Semoga Allah SWT selalu memberikan lindungan kepada bangsa dan negara ini,” ucap Nasrul Abit seraya mendo’akan ke-3 wakil ketua MPR RI yang baru itu.

Lebih lanjut Nasrul Abit menyebutkan, sama seperti lembaga-lembaga kenegaraan lainnya. MPR memiliki banyak sekali tugas, fungsi serta kewenangannya yang berkaitan dengan kegiatan operasional suatu negara. Baik dari segi legislatif maupun dari sisi eksekutif.

“Saat ini MPR lebih banyak berperan pada fungsi legislatif, dan mengawasi kegiatan eksekutif, presiden dan wakil presiden Indonesia,” ucapnya.

Nasrul Abit menambahkan, wakil ketua MPR RI yang baru dilantik diharapkan bisa memperkuat fungsi MPR, dan meningkatkan pengawasan terhadap jalannya roda pemerintahan. Sehingga semua unsur pemerintahan dapat bersinergi dalam membangun, dan mensejahterakan masyarakat Indonesia. (Syafri)

loading...