Layanan Ambulance Jenazah Gratis PMI Pasbar Diapresiasi Masyarakat

328

Pasbar– Layanan unit Ambulance gratis yang disediakan oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat, mendapatkan apresiasi positif dari warga masyarakat di daerah itu.

Dikatakan seorang warga Jorong Wonosari Kecamatan Kinali, Eko Supriyono, layanan yang sudah diluncurkan oleh lembaga kemanusiaan itu di Pasbar sejak 2020 silam, dinilai sangat membantu meringankan beban masyarakat.

“Saya tidak tahu apa jadinya jika PMI tidak memiliki layanan gratis itu, ketika saya mendapatkan kemalangan atas wafatnya salah seorang anggota keluarga dalam kebingungan dan kesedihan yang menimpa maka layanan Ambulance Jenazah Gratis seolah menjadi solusi untuk meringankan beban kami, ” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan itu, menurutnya bisa mengatasi permasalahan pada saat pemakaman mengingat jarak tempuh cukup jauh dari rumah duka ke tempat pemakaman keluarga.

Ia bersama sejumlah warga lainnya berharap, pihak relawan PMI setempat bisa terus semangat memberi pelayanan kepada masyarakat serta bisa lebih meningkatkan pelayanan yang sudah baik itu.

“Sebagai organisasi kemanusiaan tentu PMI tidak bisa bekerja sendiri, selain do’a dan dorongan mungkin ada baiknya pihak terkait bisa memberikan dukungan yang dibutuhkan demi lancarnya program tersebut, ” harapnya.

Terpisah, Kepala Markas PMI Pasbar, Rida Warsa, ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan, ia bersama segenap unsur pengurus lembaga itu terus berupaya memberikan pelayanan prima meskipun masih dalam kondisi peralatan dan unit yang terbatas.

“Layanan Ambulan Jenazah Gratis telah dilaksanakan oleh PMI sejak awal terbentuknya PMI di Kabupaten Pasaman Barat dan hingga saat ini setidaknya sudah melayani sebanyak 300 Kepala Keluarga yang tersebar di empat kecamatan yang ada, ” ungkapnya.

Terkait upaya peningkatan yang sudah dilakukan, ia menjelaskan baru-baru ini sudah ada penambahan Ambulance gratis dari pihak Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sebanyak dua unit.

Unit tersebut terdiri dari saru unit Ambulance jenis minibus dan satu unit berupa bus layanan yang khusus dikerahkan untuk kegiatan donor darah.

“PMI berharap layanan Ambulan Jenazah Gratis dapat membantu lebih banyak masyarakat dengan cakupan yang lebih luas, semoga pemerintah juga merespon baik dan memberikan tambahan ambulan jenazah gratis untuk PMI, ” tutupnya.

(Red/RF)

loading...