Kunker Wagub dan DPRD Sumbar di Dua Objek, Wabup Solok, Semoga Cepat Dicarikan Solusinya

503

Kunjungan kerja Wakil Gubernur bersama anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Komisi IV) ke Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, pada hari Selasa, (25/05/2021) di dampingi langsung oleh Wakil Bupati Solok beserta Dinas terkait.

Kunker tersebut dalam rangka meninjau langsung situasi dan kondisi longsor yang terjadi di beberapa hari yang lalu, akibat dari hujan deras yang mengguyur wilayah Nagari Aie Dingin. Kunjungan Wakil Gubernur/Audy Joinaldy bersama Anggota DPRD dan wakil ketua Komisi IV Provinsi Sumbar/Mesra serta perwakilan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar, Badan Pengembangan SDM Provinsi Sumbar, Dinas PUPR Provinsi Sumbar, DLH dan BPD Provinsi di sambut hangat dan langsung didampingi oleh Wakil Bupati Solok/Jon F Pandu, SH bersama Kadis PUPR/Syaiful, ST, MT, DLH Kabupaten Solok dan BPBD serta Camat Lembah Gumanti/Zaitul Iklas ke lokasi Tambang yang sering terjadi longsor.

Sebelum berangkat ke Lokasi, Wakil Bupati Solok/Jon Firman Pandu berdiskusi dengan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat di Ruangan kerjanya, dalam diskusi beliau mengatakan bahwa lokasi longsor yang sering terjadi berada dijalan nasional Lubuak Selasih РSurian (tepatnya di Nagari Aie Dingin) dan salah satu penyebabnya, karena itensitas hujan yang tinggi serta adanya kegiatan penambangan batuan di lokasi tersebut.

Kemudian, Wabup juga mengatakan, dengan seringnya terjadi longsor di jalan Nasional Lubuk Selasih-Surian tersebut mengakibatkan akses jalan dan perekonomian masyarakat sekitar menjadi terganggu, oleh karena itu pemerintah daerah perlu mencarikan solusinya dan alhamdulillah pada hari ini Bapak Wagub dan anggota DPRD Provinsi akan turun langsung ke lokasi.

Dengan kunjungan bapak Wakil Gubernur serta Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat ke lokasi, semoga persoalan ini cepat selesai dan sesegera mungkin dicarikan solusinya, termasuk juga dengan meninjau kembali izin Tambang atau, dengan mencarikan jalan alternatif lain, ungkap Wakil Bupati Solok/Jon Firman Pandu sembari menutup penjelasannya.

Kemudian, Sebelum ke lokai longsor, Wakil Bupati dan Wakil Gubernur beserta rombongan DPRD Provinsi Sumbar, singgah di Wisata kuliner Kopi Solok Radjo di Nagari Aie Dingin, setibanya disitu Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Solok beserta rombongan menikmati Kopi Solok Radjo.

Sembari menikmati degukan Kopi Solok Radjo, Wakil Gubernur mengatakan tempat ini sangat bagus dan menarik untuk dikunjungi, dan kami merekomendasikan masyarakat untuk datang ke lokasi kuliner Solok Radjo yang bertempat di Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumbar.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Solok mengatakan Wisata Kuliner Solok Radjo ini adalah salah satu Destinasi Wisata Kabupaten Solok yang perlu untuk dikembangkan dan pemerintah daerah akan selalu mensuport sektor UKM masyarakat seperti wisata kuliner Solok Radjo ini.

Setelah selesai menikmati keindahan dan kenyamanan wisata kuliner Solok Radjo, Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Solok beserta rombongan melanjutkan misinya untuk ke lokasi Tambang, yang sering terjadi longsor, setibanya di lokasi dan sesuai dengan hasil survey, Pemprov Sumbar dan Pemkab Solok bersama DPRD Provinsi Sumatera Barat (Komisi IV) melakukan diskusi dan memutuskan untuk di bicarakan kembali melalui rapat di Provinsi dengan mengundang Dinas terkait, baik dari pemerintah daerah Kabupaten Solok, pemerintah Provinsi, investor tambang dan stakeholder terkait lainnya.

(Andar MK)

loading...