Kunjungi Mesjid Sahara, Tim Safari Ramadhan Sampaikan Program Strategis Pemko Solok

89

Ada beberapa program strategis Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Solok yang perlu diketahui oleh masyarakat Kota Solok, yang akan dilaksanakan oleh Walikota dan Wakil Walikota (Wawako) Solok periode 2021-2024, yaitu Bapak Zul Elfian Umar dan Bapak Ramadhani Kirana Putra.

Hal itu dikatakan oleh Asisten Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Solok, Bidang Perekonomian dan Pembangunan, sekaligus yang memimpin Tim Safari Ramadhan 1442 H, Pemko Solok Jefrizal, pada saat kunjungan Safari Ramadhan ke Mesjid Sahara Terminal Angkot Kota Solok, Senin malam (19/4/2021).

“Pertama beliau tetap mengindikatorkan pembangunan keimanan dan ketaqwaan. Tetap akan melakukan pembangunan mesjid, dan kegiatan keagamaan lainnya seperti Pondok Pesantren (Ponpes), Tahfidz dan lainnya, termasuk peningkatan perekonomian yang berbasis mesjid,” kata Jefrizal.

Kedua, dilanjutkan Jefrizal, melanjutkan pembangunan-pembangunan yang masih belum selesai, seperti pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Banda Panduang Kota Solok yang butuh biaya besar. Dimana RSUD ini butuh biasa ratusan miliar, sedangkan Kota Solok belum memiliki RSUD seperti daerah lainnya.

“Selanjutnya pembangunan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat seperti Stadion Sepak Bola yang representatif, dimana kegiatan di Lapangan Merdeka kita sangat terbatas dan bukan milik Pemerintah Kota (Pemko) Solok seutuhnya,” sebutnya.

Ini juga butuh biaya besar, imbuhnya, Walikota sekarang ini sedang berjuang di Jakarta (Pemerintah Pusat-red) dan ini butuh dukungan dan doa dari masyarakat Kota Solok, agar apa yang menjadi harapan kita bersama dikabulkan oleh Allah SWT.

“Selain itu, juga ada penataan Pasar Raya Kota Solok. Kita menyadari dalam penataan pasar banyak sekali persoalan, namun ini juga menjadi program strategis Pemda Kota Solok agar bisa tertata dengan baik. Ini juga butuh dukungan dari kita semua, karena pekerjaan ini tidak mudah,” ucapnya.

Disebutkan Jefrizal, dan banyak yang lainnya yang sedang dibahas untuk penguatan perekonomian masyarakat Kota Solok. Pengentasan kemiskinan tetap menjadi prioritas utama.

Dalam acara Safari Ramadhan tersebut, Jefrizal juga menghimbau masyarakat Kota Solok agar tetap mematuhi Protokoler Kesehatan (Prokes), dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19 yang melanda dunia, khususnya Kota Solok.

“Himbauan ini adalah kewajiban yang harus disampaikan pada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Solok. Mudah-mudahan kita semua memaklumi apa yang kami sampaikan,” harapnya.

Terkait Mesjid Sahara Terminal Angkot Kota Solok, lanjutnya, pada tahun 2018 lalu pembangunan mesjid ini telah direncanakan karena anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) telah ada namun terkendala terhadap legalitas kepemilikan tanah.

“Walaupun membangun tempat ibadah, namun secara administrasi, apalagi masalah keuangan tidak semudah yang kita kira. Pembicaraan kita terakhir dengan Walikota Solok, formalitas (kejelasan) dari pengurus mesjid dan masyarakat sekitar harus ada,” ungkapnya.

Informasi atau kabarnya, diterangkannya, aset sekarang masih milik PT KAI. Ini sudah lama, namun karena mesjid ini dibutuhkan masyarakat untuk ibadah diijinkan. Ini tetap kita bangun, mudah-mudahan dengan upaya kita bersama yang baik ini, diberikan kelancaran oleh Allah SWT.

Sementara itu, Ketua Pengurus Mesjid Sahara Terminal Angkot Kota Solok Ustadz Syafron mengatakan ucapan terima kasih pada Pemda Kota Solok yang telah menampung aspirasi pengurus mesjid dan jemaah melalui Tim Safari Ramadhan ini dibawah pimpinan Asisten Sekdako Solok, Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bapak Jefrizal.

“Kami telah menyampaikan aspirasi untuk pembangunan Mesjid Sahara ini sesuai dengan kebutuhan jemaah yang sangat mendesak. 20 tahun kami menunggu agar Mesjid Sahara ini bisa dibangun, semoga pada 2022 esok bisa terwujud,” kata Ustadz Syafron.

Mudah-mudahan, disampaikannya, dibawah kepemimpinan Zul Elfian Umar dan Ramadhani Kirana Putra, harapan kami bisa terlaksana, jadi sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pemko Solok dan Tim Safari Ramadhan yang telah menampung aspirasi kami.

Dalam acara kunjungan itu, Tim Safari Ramadhan juga memberikan bantuan sebanyak Rp3 juta rupiah, yang diterima langsung oleh Pengurus Mesjid Sahara Terminal Angkot Kota Solok secara simbolis.

Tim Safari Ramadhan 1442 H ke Mesjid Sahara Terminal Angkot Kota Solok dihadiri oleh Kalaksa BPBD Kota Solok Ikhlas, Anggota DPRD Kota Solok Andi Eka Putra, Perwakilan BRI Cabang Kota Solok Algani, Forum Anak Nagari Akirizal dan Almaul Husnah dari Bagian Kesra Pemko Solok. (Syafri)

loading...