Keunggulan TK Al Mursalat Edukasi Peserta Didik di Luar Sekolah

173

Pendidikan dan perkembangan anak usia dini atau taman kanak-kanak (TK) tidak hanya terbatas pada pendidikan formal yang diberikan guru di Sekolah, tapi juga melingkupi aspek lain yang bisa didapat dari luar sekolah.

Hal itulah yang dilakukan oleh TK Al Mursalat di Kecamatan Kuranji Kota Padang, TK Al Mursalat 1 dan 2 berupaya menggelar kegiatan luar sekolah untuk pengenalan anak didik pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran. Sehingga membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh TK Al Mursalat.

Dalam kegiatan luar sekolah kali ini, TK Al Mursalat 1 dan 2 mengunjungi pabrik roti Baru Bakery yang beralamat di Kampung Baru Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji Kota Padang. Dalam kunjungan luar sekolah tersebut, anak-anak tampak antusias melihat langsung proses pembuatan roti.

Bukan itu saja, anak-anak juga diajari bagaimana cara take and give dengan berbelanja roti menggunakan uang sendiri, sehingga melatih anak-anak mandiri dalam menggunakan uang.

“Kunjungan edukasi hari ini mengenalkan pada anak-anak proses membuat roti dari awal sampai nanti proses penjualan. Jadi anak-anak sudah bisa mengetahui apa-apa saja bahan membuat roti, alat-alat yang digunakan, proses pembuatan hingga sampai ke pengemasan roti. Selain itu anak-anak juga diajarkan memilih roti sesuai kesukaan nya dan membeli roti menggunakan uang sendiri,” terang Kepala Sekolah TK Al Mursalat 2, Citrawati, Kamis (13/01/2022).

Sementara itu, Missukarti Kepala Sekolah TK Al Mursalat 1 mengatakan kegiatan luar sekolah dapat berbentuk kegiatan seni menari, drum band, pengembangan kepribadian, mewarnai, baca tulis hitung dan tahfidz yang bertujuan positif untuk kemajuan anak didik.

“Keunggulan nya, di TK Al Mursalat kita didik anak-anak untuk berakhlak, berilmu dan beramal. Anak-anak juga dikenali konsep kalistung, hafalan doa harian dan hadist pilihan serta berani dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan,” kata Missukarti.

Missukarti juga mengajak orang tua agar sama-sama mendidik anak sesuai dengan visi Al Mursalat menciptakan generasi rabbani yang sehat, cerdas, kreatif, imtaq iptek dan berkarakter.

Sebelumnya, Al Mursalat 1 dan 2 juga menyelenggarakan kegiatan luar sekolah dalam rangka ulang tahun massal pada Desember 2021 lalu. Semua peserta didik dan orang tua terlibat dalam acara yang diselenggarakan di KFC SPBU Air Pacah Padang. Terlihat kaceriaan anak-anak dan para orang tua menikmati berbagai hiburan seperti menari bersama, penampilan sulap, dan adanya kehadiran badut ayam yang lucu dari KFC.

Saat ini TK Al Mursalat 1 dan 2 memiliki 24 orang murid masing-masing nya dengan jumlah 12 orang. Didampingi 4 orang guru di masing-masing sekolah. TK Al Mursalat 1 berlokasi di Jl. Lapau Manggis No. 46 (Depan Klinik Netti). Sedangkan TL Al Mursalat 2 beralamat di Jl. Kampung Baru Gunung Sarik (Dekat MIN Gunung Sarik). Segera daftarkan anak-anak bapak ibuk di tahun ajaran baru 2022-2023, sebab TK Al Mursalat Kuranji Padang sudah terakreditasi dan terbukti kualitasnya. (*)

loading...