Kesenian Etnis Tionghoa Dukung Pariwisata Sumbar

676

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (tengah kanan) bersama Tuako HBT Padang (tengah kiri) Andreas Sofiandi dan pejabat lainnya membuka bazar HBT untuk memeriahkan tahun Baru Imlek 2569 

PADANG, TOP SUMBAR — Kesenian yang dimiliki Etnis Tionghoa di Kota Padang merupakan sebuah budaya yang perlu dilestarikan karena mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat membuka bazar Himpunan Bersatu Teguh (HBT), yang akan digelar untuk memeriahkan tahun baru Imlek 2569, di kawasan Kampung Pondok Kota Padang, Rabu malam (21/2).

“Kami sebagai pemerintah bersifat mendorong dan mengembangkan kebudayaan yang ada saat ini,” kata Nasrul Abit.

Kami akan meminta Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, dilanjutkan Nasrul Abit, untuk berkoordinasi untuk melestarikan budaya-budaya Tionghoa ini.

Nasrul Abit berharap dengan adanya keberagaman di daerah ini, membuat masyarakat teguh bersatu dan menghindari segala bentuk tindakan yang membuat terjadinya perpecahan.

“Keberagaman bukan membuat kita berpecah belah, akan tetapi menguatkan kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Menurutnya, di daerah Kampung Pondok ini terdapat Klenteng See Hin Kyong, dan bangunan-bangunan tua yang sangat mendukung lokasi ini menjadi kawasan Heritage.

“Kami akan berupaya untuk menjadikan lokasi ini menjadi kawasan cagar budaya, meskipun hal itu butuh proses dan kami akan coba melengkapi,” katanya.

Tuako HBT Kota Padang Andreas Sofiandi mengatakan bazar ini selalu dilaksanakan setiap tahun dan berakhir saat perayaan Cap Go Meh. Bazar ini diikuti oleh puluhan perusahaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan produk mereka.

“Seluruh perusahaan itu diberi stan untuk memasarkan produk mereka selama sepuluh hari ke depan,” kata Andreas Sofiandi.

Selain itu bazar ini juga diisi dengan berbagai kesenian dan olahraga seperti Barongsai, Tari Kipas, penampilan musik Mandarin dan lainnya.

“Selain itu juga ada kegiatan bakti sosial dan donor darah, ” imbuhnya.

Andreas Sofiandi berharap pada tahun ini Kota Padang, Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya, diberi kesejahteraan, keamanan dan kenyamanan serta jauh dari hal yang negatif.

“Semoga tahun ini kita selalu diberi rezeki yang berlimpah, kesehatan dan sejahtera dalam menjalani kehidupan ini,” katanya.

Pembukaan Bazar ini juga dihadiri Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Irdam, Pejabat Sementara Wali Kota Padang Alwis, Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz. (Syafri)

loading...