Kembangkan Potensi Daerah Pantai, Kamijo Sumbar Gelar Kegiatan Bakti Sosial

555

Dalam rangka mengantisipasi abrasi dan mengembangkan potensi daerah pantai, guna meningkatkan pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), Kader Militan Jokowi (Kamijo) Sumbar mengelar kegiatan bakti sosial penanaman pohon ketapang di Pantai Parupuk Tabing Padang, Minggu (16/8/2020).

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sumbar, Rudi Rahmat Ginting pada TopSumbar.co.id mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian Kamijo Sumbar dalam mengembangkan potensi daerah pantai di bidang pariwisata, sekaligus antisipasi terhadap abrasi pantai Parupuk Tabing Kota Padang.

Lebih lanjut Rudi Rahmat Ginting mengatakan, selain mencegah abrasi, penanaman pohon ketapang ini nantinya bisa menjadi pohon pelindung serta antisipasi terhadap dampak langsung dari tsunami.

“Selain melakukan penanaman batang ketapang di daerah pantai, Kamijo Sumbar juga terus bergerak untuk menampung aspirasi serta membantu masyarakat Sumbar secara ekonomi,” kata Rudi Rahmat Ginting.

“Untuk nasional, Kamijo telah berdiri selama 8 tahun dan di Sumbar baru 5 bulan. Insya Allah, pergerakan ini sangat direspon baik oleh masyarakat dan Kamijo bisa berkembang di Sumbar ini,” ucapnya.

Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh unsur, yang telah berperan serta dan mendukung kegiatan-kegiatan Kamijo di Sumbar. Rudi Rahmat Ginting juga mengharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kelas bawah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Senada dengan itu, Dewan Pembina Kamijo Sumbar Prof. Prayitno menyebutkan, dalam rangka pemulihan dari pandemi Covid-19 mari kita bersama-sama bisa melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan bakti sosial penanaman 100 pohon ketapang oleh Kamijo Sumbar ini, mudah-mudahan tidak hanya di daerah pantai semata namun bisa dikembangkan ke daerah perbukitan,” kata Prayitno.

Komijo Sumbar harus mempunyai program itu, lanjutnya, agar seluruh masyarakat di daerah dapat merasakan dampak, dan manfaat dari penghijauan seperti penanaman pohon ketapang di Pantai Parupuk Tabing Padang ini.

“Kesejahteraan rakyat harus menjadi tujuan dari Kamijo Sumbar, menyambut 17 Agustus 2020, 75 tahun Indonesia merdeka Kamijo hendaklah menjadi bagian dalam mewujudkan kesejahteraan itu,” ucapnya.

Acara penanaman 100 pohon ketapang di Pantai Parupuk Tabing Padang juga dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Sumbar, Kadis Lingkungan Hidup Sumbar
Lurah dan perangkat setempat dan Kanit satu Intelpol Polresta Padang. (Syafri)

loading...