Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Manasik Haji di Sijunjung

334

Sijunjung │ Topsumbar – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Propinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi, S.Ag, M.Pd membuka secara resmi pelaksanaan manasik haji di Mesjid Taqwa, Muaro Sijunjung pada Selasa (24/5).

“Terimakasih kepada Kakan Kemenag Kabupaten Sijunjung beserta Kasi PHU dan jajaran yang telah menyelenggarakan manasik haji ini” demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi, S.Ag, M.Pd.

“Bapak dan Ibu fokus saja menjalankan ibadah haji, tidak usah khawatir dengan konsumsi selama di Tanah Suci karena juru masak berasal dari Minang yang sudah memahami selera jemaah kita” demikian Kakanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi, S.Ag, M.Pd menambahkan.

Terpisah, dikutip dari kemenag.go.id Menteri Agama R.I. Yaqut Cholil Qoumas menegaskan “Saya memastikan setiap dapur katering ada juru masak yang berasal dari Indonesia. Ada juga bahan baku yang diimpor langsung dari Indonesia,” tegas Menteri Agama R.I. Yaqut Cholil Qoumas pada hari kelima kunjungan kerja ke Arab Saudi meninjau kesiapan layanan katering untuk jemaah haji Indonesia di Madinah mengunjungi Nooha Catering Service, salah satu penyedia katering yang akan melayani konsumsi jemaah pada Ahad (22/5).

“Mengenai air zam-zam, nantinya disediakan 5 liter untuk setiap jemaah haji yang akan diberikan saat kepulangan ke Tanah Air” Kakanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi, S.Ag, M.Pd melanjutkan sambutannya dihadapan 67 orang calon jemaah haji Kabupaten Sijunjung.

Pembukaan secara resmi manasik haji ini turut dihadiri oleh Kakan Kemenag Kabupaten Sijunjung Drs. H. Syamsul Arifin, M.M.Pd bersama Kasi PHU Asrizal, S.Ag, MA serta pejabat Kantor Kemenag lainnya serta Wali Nagari Muaro Hafidzun, S.Pd.I.

“Padi masak tanahnya subur
Petani senang hatinya Semoga menjadi haji mabrur balasannya adalah surga,”
Demikian Kakanwil Kemenag Propinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi, S.Ag, M.Pd menutup sambutan pembukaan manasik haji di Muaro Sijunjung dilanjutkan penyerahan alat kelengkapan calon jemaah haji berupa tas kepada Kakan Kemenag Kabupaten Sijunjung untuk diserahkan langsung kepada salah seorang perwakilan jemaah dari Kecamatan Koto VII.

Jemaah Calon Haji Kabupaten Sijunjung berada pada Kloter 3 (Kelompok Terbang Tiga), gelombang pertama CJH Indonesia dimulai dari 4 hingga 18 Juni 2022, sehingga dengan demikian keberangkatan CJH Kabupaten Sijunjung ke Tanah Suci ini merupakan gelombang pertama.

Embarkasi Padang pada tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 7 (tujuh) kloter jemaah haji yang terdiri 5 kloter jemaah haji Propinsi Sumatera Barat dengan jumlah 2.093 orang dan 2 kloter jemaah haji Propinsi Bengkulu dengan jumlah 742 orang.

1 kelompok terbang terdiri dari 389 orang jemaah haji dan 4 orang petugas Kloter yang terdiri dari 1 orang ketua Kloter, 1 orang pembimbing ibadah, dan 2 orang petugas kesehatan.

Setelah dua tahun tidak memberangkatkan jemaah haji ke Tanah Suci dampak pandemi covid-19, tahun 2022 ini jumlah CJH Kabupaten Sijunjung berjumlah sebanyak 67 orang.

“Bahagia rasanya sekaligus gembira, inilah jalan Allah barangkali setelah tidak ada pemberangkatan selama 2 tahun, semoga diberikan kemudahan” demikian ungkapan seorang CJH Ning Wisma Utami menjawab pertanyaan topsumbar.co.id siang ini.

(Gun)

loading...