Untuk Pencapaian Target Hasil Pertanian, Sumbar Harus didukung Oleh Irigasi Yang Baik

739

PADANG ,TOP SUMBAR – Untuk mencapai hasil pertanian di daerah Sumatera Barat ini, sesuai yang telah ditargetkan oleh pemerintah pusat. Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Provinsi Sumatera telah mengupayakan semaksimal mungkin agar target yang ditentukan oleh pemerintah pusat dapat tercapai.

“Walaupun target yang ditentukan oleh pemerintah pusat cukup tinggi, selaku kedinasan kita akan terus mengupayakan untuk memenuhi target yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat,” kata Chandra selaku Kepala Distanhorbun Provinsi Sumatera Barat, pada Top Sumbar di ruang kerjanya pada hari Jumat (25/8).

Chandra menambahkan, tingginya target yang ditentukan oleh pemerintah pusat untuk Sumatera Barat ini, hendaklah didukung oleh irigasi yang semua irigasi beroperasi dengan baik, sedangkan di Sumatera Barat ini, banyak irigasi mengalami kerusakan yang butuh pembiayaan untuk perbaikan.

“Secara nasional Sumatera Barat ditargetkan mencapai tiga juta ton beras, dan Sumatera Barat sudah menanam benih padi seluas enam ratus ribu hektar. Mudah – mudahan dengan didukung curah hujan yang memadai, target yang ditentukan oleh pemerintah pusat dapat terpenuhi menjelang akhir tahun ini,” harapnya.

“Angkanya masih terus berjalan, Sumatera Barat untuk saat ini sudah mampu merealisasikan hampir sembilan puluh dua persen. Dan kita sudah menggerakkan Kabupaten/Kota dengan koordinasi turun kelapangan,” tambahnya.

“Kemudian kita menggunakan alat – alat mesin pertanian kita, untuk sawah – sawah yang sudah selesai panen agar segera melakukan pengolahan tanah sehingga nantinya diakhir tahun di bulan desember, itu bisa dihitung semuanya, berapa total yang bisa dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten/Kota,” ucap Chandra.

“Dengan sisa waktu satu bulan lagi, kita upayakan lebihkurang targetnya tujuh puluh lima ribu hektar lagi, agar targetnya tercapai di september ini. Dan ini sudah kita koordinasikan dengan Kabupaten/Kota, Pihak TNI dan Babinsa setempat,” tandasnya. (Syafri)

loading...