Info Covid-19 Sumbar 27 Juni: Sumbar Catatkan Dua Rekornas Plus Nihil Pertambahan Positif Kab/Kota

300

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), merilis data terbaru sementara, update data pasien Covid-19.

Menurut juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis yang dibagikan via WAG Sabtu, (27/06/2020), pagi ini menginformasikan Sumbar catat dua rekor baru nasional. Yakni rekor pemeriksaan sample terbanyak dan tingkat kesembuhan tertinggi secara nasional.

Selain itu, pada pagi ini untuk sementara tidak ada penambahan positif terinfeksi Covid-19 dari Kab Kota di Sumbar.

Diterangkan Jasman, Hari ini pada pukul 02.00 WIB, Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan 8Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc,

Berhasil memeriksa sample spesimen sebanyak 2.171 yang dikirim berbagai rumah sakit di Sumbar oleh petugas survailance. Ini merupakan rekor baru pemeriksaan sample spesimen nasional.

Dari 2.171 spesimen terperiksa, terkonfirmasi positif sementara sebanyak 3 orang.

Dari 3 orang tersebut, 1 (satu) orang warga Provinsi Jambi yang baru datang ke kota Padang.

Yang bersangkutan merupakan salah seorang karyawan sebuah perusahaan di Kota Padang.

Sementara yang 2 (dua) orang lagi berasal dari Limau Manih Padang.

Juga dilaporkan, terjadi penambahan sementara kesembuhan pasien covid-19 sebanyak 16 orang.

Laporan hari ini, tidak ada terkonfirmasi tambahan positif dari Kab/Kota lain di Sumbar.

Dengan demikian, total sementara sampai hari ini terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 di Sumbar adalah 723 orang dengan rincian:

  1. Sembuh 587 orang (81.2%).

Ini merupakan persentase kesembuhan tertinggi di nasional

  1. Meninggal dunia 31 orang (4,28%)
  2. Dirawat di Rumah sakit, karantinan dan Isolasi Mandiri sejumlah 105 orang (14,52%)

Dari data diatas, dapat disimpulkan:

  1. Pertambahan positif sudah sangat rendah.
  2. Hari ini terjadi dua rekor yang patut kita apresiasi, yaitu pemeriksaan sample terbanyak (2.171 sample) dan tingkat kesembuhan tertinggi secara nasional (81,2%).

Namun demikian, sesuai arahan pak Gubernur selaku ketua Gugus Tugas Provinsi Sumbar, kita jangan lengah. Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan dimaksud,” ucap Jasman.

“Untuk keterangan dan rincian lain dan atau jika ada perobahan data, nanti sore akan kami sampaikan secara lengkap,”tutup Jasman Rizal yang juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

Diberitakan Topsumbar.co.id sebelumnya, warga Sumbar terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 hingga hari Jumat,(26/6/2020), kemaren tercatat sebanyak 720 orang dan sembuh 571 orang.

Terkait rekor pemeriksaaan sample swab tertinggi secara nasional yang dilakukan Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dan tim nya di Laboratorium Fakultas Unand dan Balai Penelitian Veterenir Baso.

Dalam catatan Topsumbar co.id terkait rekor yang dibuat dr.Andani dan tim, telah terberita, pada Minggu, (14/6/2020), Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dan tim nya di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso berhasil memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri melakukan pemeriksaan sampel swab dalam sehari sebanyak 1.625.

Sebelumnya juga pada 23 Mei 2020, Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dan tim nya di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso berhasil melakukan pemeriksaan sampel swab sebanyak 1.461 dalam waktu 22 jam yang adalah rekor tertinggi nasional waktu itu.

(AL)

loading...