Implementasi Sistem Informasi Layanan Masyarakat Nagari Lolo

35
Supri Ardi, S. Kom

Catatan: Supri Ardi, S. Kom

Kabupaten Solok | Topsumbar – Nagari atau desa Lolo merupakan sebuah nagari yang terletak di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok Sumatera Barat Indonesia, pemerintah nagari merupakan garda terdepan dalam pelayanan publik yang berhadapan lansung dengan masyarakat.

Masyarakat hanya mengenal pemerintah nagari dalam urusan apa pun, baik dalam pelayan surat menyurat, layanan informasi maupun aturan dan kebijakan sebuah nagari. Dimana nagari yang dipimpin lansung oleh seorang wali nagari yang dipilih lansung oleh masyarakat melalui pilwana.

Wali nagari dalam menjalankan roda pemerintahan di nagari dibantu oleh unsur perangkat nagari sampai ke tingkat jorong sesuai dengan Permendagri 111 tahun 2014 ini adalah tentang Peraturan Desa.

Upaya peningkatan pelayanan publik ke tengah-tengah masyarakat di Nagari Lolo mulai berevolusi dengan mengimplementasikan sistem informasi pelayanan publik berbasis aplikasi destop, dimana aplikasi ini mengunakan VB.Net dengan Database Microsoft Accses. Dimana setiap masyarakat yang akan mengurus surat menyurat ke Nagari Lolo cukup datang dan membawa foto copy kartu keluarga (KK) saja.

Selanjutnya, petugas atau staf cukup mengentrikan nomor induk KTP (NIK) sehingga surat yang dibutuhkan akan keluar, dan nomor nya otomatis keluar, sehingga masayarakat yang mengurus keperluan tidak perlu lama dan antre di kantor Wali Nagai Lolo untuk mendapatkan surat yang dibutuhkan nya.

Langkah kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok ini sudah sangat positif sehingga sangat memudahkan petugas dan admin dalam membuat surat menyurat yang dibutuhkan oleh masyarakat Lolo di Kabupaten Solok.

Dengan ini alangkah lebih baik nya agar Pemerintah Nagari Lolo membuat aplikasi terintegrasi dengan data penduduk Disduk Capil Kabupaten Solok, berbasis online dan menambah pengadaan perangkat keras yang dibutuhkan, sehingga nanti akan lebih efesien dalam penggunaanya.

Selain terintegrerasi dan berbasis online, agar Pemerintah Nagari Lolo juga mensosialisaikan nya ke tengah masyarakat nagari Lolo tentang evolusi yang sudah dilakukan, dan yang paling pentig juga peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga diberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan ilmu nya dalam pengunaan IPTEK yang semakin lama semakin berkembang dengan pesat. (*)

Penulis merupakan ASN di Pemerintah Kabupaten Solok.

loading...