Hendra “Si Peternak Kambing” Menuju Pemuda Pelopor 2021

62

Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat kunjungi Kota Solok dalam rangka melaksanakan kegiatan penilaian Tokoh Pemuda Pelopor 2021, Jumat (23/07/2021).

Penilaian dilakukan terhadap Hendra Saputra, berasal dari Galanggang Batuang Kelurahan Nan Balimo yang berhasil membudidayakan peternakan kambing perah yang dapat memproduksi susu kambing untuk diolah menjadi beraneka ragam produk yang bernilai tinggi.

Tim penilai yang diketuai oleh Dewita Murni, Kasi Kepemimpinan dan Kepeloporan Dispora Provinsi Sumatera Barat bersama Dinas Pangan Sumbar, Dinas Koperindag Sumbar dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumbar.

“Pada awalnya usaha saya ini masih kurang mendapat respon dari masyarakat, apalagi sebagian pemuda masih menganggap beternak kambing itu tidak bagus prospeknya,” kata Hendra saat presentasinya dihadapan tim penilai, bertempat di GOR Tanjung Paku, Kota Solok.

“Namun, dari kegigihan dan semangat pantang menyerah, semua pikiran negatif itu semakin berkurang malahan banyak masyarakat maupun pemuda mulai belajar cara beternak kambing perah ini,” tuturnya.

Hendra melanjutkan, salah satu olahan dari susu kambing adalah brownies yang banyak digemari oleh masyarakat. “Dari segi harga jualnya pun sangat bagus dibanding produk brownies yang lain,” ujarnya.
Hendra mengakui saat ini dia sudah berhasil membudidayakan peternakan kambing perah dengan total 70 ekor dari awalnya beberapa ekor saja.

“Di sini saya juga sudah melakukan semacam kerjasama dengan pemuda yang putus sekolah agar mendapatkan usaha yang layak dan memiliki prospek yang cerah,” ungkap pemuda tamatan SMA ini.

“Sejak tahun 2019 hingga sekarang sudah mengalami peningkatan, namun di lapangan kendala yang kami hadapi tidak jauh dari namanya pemasaran, karena masih dikuasai oleh tengkulak,” tambahnya.

Setelah presentasi singkat tersebut, salah satu tim penilai mengaku cukup puas dengan penjelasan yang diberikan. “Sebuah terobosan dan inovasi baru yang layak untuk diangkat. Mudah-mudahan tahun ini Hendra masuk nominasi dan menjadi pemenang pemuda pelopor tingkat provinsi untuk mewakili Sumatera Barat pada tingkat nasional,” katanya
Tahun ini merupakan kali ketiga bagi Hendra mengikuti Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat bidang peternakan. Semua kelengkapan berkas penilaian Pemuda Pelopor
Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2021 dikumpulkan pada akhir Agustus 2021 ke Dispora Provinsi Sumbar.

Selain tim penilai, hadir juga Kadispora Kota Solok, Dodi Osmond didampingi Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok, Wardiman, Perwakilan KNPI, Plt. Sekretaris Dispora, Rusli Hamris, Kabid Pemuda, Silvia Dianti, Kabid Olahraga Prestasi, Ochtavia Sulastri.

Pada kesempatan itu, Dodi Osmond berpesan agar apa yang dilakukan oleh Hendra dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Kota Solok untuk berwirausaha. “Semoga keberhasilan hendra dapat ditularkan kepada para pemuda, bahwa dengan ketekunan dan kegigihan untuk belajar dari siapa saja akan membawa kesuksesan di kemudian hari,” singkatnya.

(gra)

loading...