Gusmal : Jadilah Masyarakat Solok Yang Bertaqwa Dengan Berlandaskan Al Qur’an Dan Hadis

685

Bupati Solok Gusmal, mengajarkan anak – anak membaca Al Qur’an

KABUPATEN SOLOK, TOP SUMBAR – Keinginan Bupati Solok Gusmal, untuk menjadikan warganya sebagai masyarakat yang bertaqwa dengan berlandaskan Al Qur’an, tampaknya benar-benar diimplemaentasikan dalam aksi nyata.

Hal itu dibuktikan dengan setiap kunjungannya ke nagari-nagari yang ada di Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo itu, Bupati selalu berpesan agar masyarakat  selalu meramaikan masjid, terutama pada waktu shubuh dan Maghrib.

“Saya ingin masyarakat Kabupaten Solok ini seperti masyarakat Minang asli seperti zaman dulu, dimana nenek moyang kita sudah membuat landasan bahwa Adat Minang Bersandi Syara’ dan Syara’ Bersandi Kitabullah. Kalau kita artikan ABS-SBK itu, maksudnya bahwa pedoman hidup kita orang Minang kalau mau selamat di dunia dan di akherat hanya kepada Al Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad, SAW,” jelas Gusmal, Rabu (6/9).

Untuk itu, Bupati merasa cemas dengan pesatnya technologi masuk melalui internet kepada masyarakat, dan bisa diakses melalui HP di dalam kamar, akan membuat masyarakat melupakan landasannya sebagai orang Minang.

Gusmal mengatakan, orang Minang asli pasti beragama Islam dan dikenal dengan sopan santunnya. Namun saat ini, kenakalan remaja, seperti pengaruh narkoba, video porno dan lain sebagainya, telah membuat masyarakat yang dulunya beradab, sekarang jadi banyak yang berlaku biadab.

“Untuk mengatasi hal itu, sebagai orang tua dan pemimpin, kita merasa terpanggil agar orang tua benar-benar memberikan ilmu agama sejak anak-anak dan mamak kembali ikut mengawasi anak keponakannya  agar terhindar dari pengaruh negatif. Untuk mencapai semua itu, tentu diperlukan ilmu pengetahuan dan agama yang baik,” terang Gusmal.

Disebutkan Bupati, salah satu cara yang dilakukan agar masyarakat Kabupaten Solok bisa menjadi masyarakat Qur’ani adalah dengan menjadikan satu sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Berbasis Pesantren minimal satu sekolah untuk setiap kecamatan.

Tokoh pemuda Koto Baru Kecamatan Kubung, Rizky Islamiy Pasya, mengaku bangga mempunyai kepala daerah yang peduli dengan Agama sebagai landasan dan pedoman hidup untuk di dunia dan di akherat.

“Saya melihat kesungguhan beliau waktu mengunjungi anak-anak yang sedang belajar Al Qur’an di di TPA Surau Al-Ikhwan, jorong Bukik Kili Nagari Koto Baru kemaren, dimana beliau mau membimbing dan mengajarkan anak-anak mengaji dan beliau mau berlama-lama menyimak anak-anak belajar Al Qur’an, padahal beliau waktu itu sangat sibuk,” jelas Rizky.

Pemuda yang aktif di masjid ini juga berharap agar impian kepala daerah ini untuk menjadikan masyarakat Solok masyarakat Qur’ani, mendapat dukungan penuh dari orang tua atau masyarakat Solok.

Sesuai pantauan KORAN PADANG, Bupati Gusmal meninjau pelaksanaan proses belajar naka-anak di TPA Surau Al-Ikhwan, jorong Bukik Kili Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung. Pada kunjungan itu, Bupati didampingi oleh Walinagari Koto Baru, Afrizal K. Malin Batuah dan tokoh masyarakat para guru ngaji di surau Al-Ikhwan.

Di surau Al-Ikhwan ini, selain bertanya tentang proses belajar mengajar Al Qur’an, Bupati juga sempat berdialog dengan murid TPA di surau Al-Ikhwan. Bahkan Bupati Solok, juga ikut mengajarkan anak-anak belajar Al Qur’an.

“Ibarat kata orang, belajar diwaktu kecil bagai menulis diatas batu dan belajar setelah dewasa bagai menulis diatas air. Artinya kalau kita mau belajar ya sejak usia dini karena gampang mengingatnya sebab otak naka-anak masih ibarat kertas putih dan apa yang diajarkan akan cepat diterima anak-anak,” jelas Gusmal.

Pada kesempatan itu, Bupati Solok juga meminta kepada anak anak untuk terus membaca, karena membaca itu adalah salah satu wahyu yang terima oleh rasul kita dan adalah perintah Allah SWT.

Untuk itu Bupati Gusmal mengajak anak-anak untuk membaca bacaan, seperti Al Qur’an dan buku-buku bacaan, karena dengan membaca akan menambah ilmu dan pengetahuan kita, dengan membaca anak anak akan dibentuk menjadi pemimpin dan orang orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Sementara Walinagari Koto Baru, Afrizal K Malin Batuah, juga menyampaikan rasa bangganya kepada Bupati Solok, yang ikut turun secara langsung melihat masyarakatnya belajar Al Qur’an.

“Kita patut berbangga memiliki pemimpin seperti Bupati sekarang yang mau bergaul dengan semua kalangan,” terang Afrizal K Malin Batuah.

Ia menambahkan, saat ini sudah langka dari kepala daerah yang  mau peduli dengan urusan kecil yang manfaatnya sangat besar seperti  belajar Al Qur’an untuk kelangsungan menjalani kehidupan di masa mendatang. (Andar)

loading...