Gubernur Resmikan Gedung Samsat Padang dan Tujuh Aplikasi Layanan Diluncurkan

175

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meresmikan pemakaian gedung baru Kantor Samsat Padang, Selasa (19/1/2021).

Bersamaan itu, juga diluncurkan tujuh aplikasi layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Gedung baru Kantor Samsat Padang itu beralamat di Jl. Asahan No.2, kawasan GOR Agus Salim. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan, sebelumnya Samsat berkantor di Jl. Khatib Sulaiman. Namun pada saat kejadian gempa tahun 2009, gedung tersebut rusak sehingga dipindahkan ke kawasan GOR Agus Salim.

“Seiring perkembangan, meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan Samsat, kantor sementara tidak memadai lagi sehingga harus dibangun kantor baru,” kata Irwan saat peresmian.

Dia menegaskan, dari banyak gedung perkantoran yang rusak karena gempa, Kantor Samsat termasuk yang terakhir dibangun. Pembangunan menghabiskan anggaran sekitar Rp18,142 miliar.

“Apresiasi kepada Badan Keuangan Daerah dan kepolisian khususnya Ditlantas atas peningkatan pelayanan Samsat dalam penerimaan pajak kendaraan bermotor.

Kami berharap dengan berkantor di gedung baru serta diluncurkannya aplikasi, semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Saat ini, Sumbar memiliki tujuh kantor pelayanan Samsat. Selain di Kota Padang, antara lain juga ada di Pariaman, Painan, Bukittinggi dan Payakumbuh. Termasuk juga di Sicincin dan di Kampus UPI Lubuk Begalung.

Irwan juga mengapresiasi peningkatan pelayanan Samsat berbasis aplikasi, memanfaatkan teknologi jaringan. Sehingga ke depan, pembayaran pajak bisa lebih mudah. Hanya melalui telepon pintar, masyarakat wajib pajak sudah bisa melakukan pembayaran pajak.

Dia mengapresiasi Bank Nagari dan BNI yang telah ikut mendukung program pembayaran pajak berbasis aplikasi tersebut.

“Seiring perkembangan teknologi, pelayanan kepada masyarakat juga harus terus berkembang. Sehingga, membayar pajak menjadi semakin mudah,” tambahnya.

Keuntungan sistem berbasis aplikasi tersebut, lanjut Irwan, membuat transaksi pembayaran pajak lebih mudah, aman dan nyaman. Sekaligus untuk menghindari terjadinya kemungkinan praktik pungutan liar.

Peresmian gedung baru Kantor Samsat itu dihadiri oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto, Ketua Komisi III DPR Provinsi Sumatera Barat Afrizal dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sumbar Agung Tri Gunardi.

Juga hadir dari Ombudsman Sumbar, para pimpinan Bank BNI, Bank Nagari, Kepala Bakeuda Sumbar Zaenuddin dan jajarannya. (Ka)

loading...