Gernas Baku di Dharmasraya, Orang Tua Luangkan Waktu Membaca Bersama Anak

452

DHARMASRAYA, TOPSUMBAR–Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Kabupaten Dharmasraya yang sudah dilaunching pada 2 Mei lalu mulai dilaksanakan secara serentak pada hari ini, Sabtu, 5 Mei 2018. Pelaksanaan gerakan ini dibuka secara resmi oleh Pj. Sekda Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, di Auditorium Dharmasraya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala OPD terkait, segenap pengurus Himpaudi, tenaga pendidik PAUD, wali murid dan anak-anak dari lembaga PAUD perwakilan 11 kecamatan se Dharmasraya.

Bunda PAUD Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, dalam kesempatan itu menyampaikan, dengan telah resminya dimulai Gernas Baku, para orang tua, khususnya yang memiliki anak usia dini, diharapkan dapat melaksanakan gerakan ini secara berkelanjutan mulai hari ini. Minimal, orang tua meluangkan waktu satu jam yang berkualitas setiap hari untuk membacakan buku bagi anaknya.

“Kita semua tahu, membaca adalah jendela dunia. Semakin banyak orangtua membacakan buku untuk anaknya, tentu akan menambah pengetahuan anak-anak dan dapat membuka cakrawala berpikir mereka. Moga kelak anak kita tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berwawasan luas,” ujar Dewi.

Tanggungjawab mendidik anak, sambung, Dewi, lebih besar berada di tangan orangtua. Karena waktu anak lebih banyak bersama orang tua ketimbang di sekolah.

“Maka dari itu, peran orangtua sangat penting. Baik buruknya anak, juga bergantung pada didikan kita selaku orangtua. Terlebih di era globalisasi saat ini, jika kita tidak pintar menjaga dan membimbing anak-anak kita, bukan tidak mungkin anak-anak kita terkena dampak negatif pengaruh globalisasi. Seperti penyimpangan perilaku, kemerosotan moral dan dampak negatif lainnya,” tutur Dewi.

Untuk itu, besar harapan Dewi, para orangtua betul-betul dapat memanfaatkan momen Gernas Baku ini untuk membimbing dan mendidik anak.

“Usia dini adalah usia emas. Di usia inilah karakter mereka mulai dibentuk. Maka dari itu, di masa-masa emasnya ini, berikanlah yang terbaik untuk anak-anak kita. Mari bersama kita sukseskan gerakan ini,” himbau Dewi.

Melalui Gernas Baku, Dewi juga berharap, tidak ada lagi anak-anak dan orangtua yang sibuk dengan gadget. Karena sudah dialihkan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, yaitu membaca buku.

“Ini juga dapat menjadi momen bagi orangtua untuk membangun kedekatan hubungan emosional dengan anak,” tandas Dewi.

Di sisi lain, Dewi juga berpesan, selain pendidikan, orangtua juga diharapkan memperhatikan asupan gizi anak. Agar anak-anak tumbuh sehat.

Hal senada juga disampaikan oleh Pj. Sekda, Adlisman, dalam sambutannya. Adlisman berharap, Gernas Baku ini betul-betul dimanfaakan oleh para orang tua untuk memposisikan diri dalam mengayomi anak-anak.

“Luangkanlah waktu untuk membacakan buku yang mendidik untuk anak-anak kita. Meskipun sedikit, minimal satu jam, namun berkualitas dan betul-betul fokus untuk mengayomi anak. Mudah-mudahan kelak anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang berkualitas,” pungkas Sekda.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan sosialisasi bagi orangtua tentang bagaimana menyikapi tumbuh kembang anak usia dini. Dan kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Himpaudi Kecamatan se Kabupaten Dharmasraya. (Yanti/Hms)

loading...