Gempa 5,7 SR Guncang Tuapejat Mentawai, Warga Berhamburan ke Tempat Aman

1675
Tim Basarnas Mentawai tengah melihat informasi pusat gempa di kantor nya Km. 9 Tuapejat
Tim Basarnas Mentawai tengah melihat informasi pusat gempa di kantor nya Km. 9 Tuapejat

Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) guncang Tuapejat, Kep. Mentawai, Senin (3/5/2021) dini hari.

Gempa yang terjadi pukul 00:46:41 sebagaimana dirilis Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga dirasakan disejumlah kawasan di Sumatera Barat (Sunbar).

Adapun parameter lokasi 2.34 LS, dan 99.66 BT, kedalaman 29 km, 35 km Tenggara Tuapejat, 37 km Tenggara Kep- Mentawai, Sumbar, 149 km Barat Daya Pesisir Selatan, Sumbar, 187 km Barat Daya Padang-Sumbar dan 902 km Barat Laut Jakarta-Indonesia. Disebutkan gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Akibat gempa yang cukup kuat, membuat warga Kota Padang berhamburan keluar rumah. Tak hanya di Kota Padang, getaran gempa ini juga dirasakan oleh warga Padang Panjang, Kabupaten Solok, Pariaman, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.

Erianto Leo, Ketua PWI Mentawai dalam pesan Whatsapp mengatakan saat ini di Tuapejat Kepulauan Mentawai warga belum berani masuk ke dalam rumah. Dikarenakan gempa yang dirasakan cukup kuat dan membuat warga berhamburan mencari tempat yang aman.

“Disini gempa terasa cukup kuat dan kami masih mengungsi ke tempat aman bersama warga lainnya, Karena gempa cukup keras takut nanti ada gempa susulan kami masih berjaga hingga saat ini,” tulis wartawan senior ini kepada Topsumbar. (Ha/AL)

loading...