Gelar Sertijab, Shanti Evi Dimeti Pimpin Satpol PP Kuansing

163

TELUK KUANTAN, — Pasca mutasi dan rotasi sejumlah jabatan eselon di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dimana pejabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Kasatpol PP PKP) Kabupaten Kuansing, Erdiansyah SSos MSi kala itu juga ikut dimutasi dalam jabatan baru sebagai Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadissos PMD).

Setelah di tinggalkan oleh pejabat lama Erdiansyah SSos MSi, kini jabatan tersebut diamanahkan Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM kepada pejabat yang baru, yakni Shanti Evi Dimeti SH sebagai Plt Kasatpol PP PKP Kuansing.

Dimana melalui prosesi sakral yang merupakan tradisipun telah dilaksanakan oleh Satpol PP PKP Kuansing, yakni Serah Terima Jabatan (Sertijab) pimpinan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu berlangsung di Halaman Apel Satpol PP PKP Kuansing, pada Rabu (08/06/2022).

Prosesi yang sudah 10 tahun lebih tidak pernah dilaksanakan di Satpol PP PKP Kuansing itu, dihadiri oleh puluhan pasukan atau personil Satpol PP PKP Kuansing yang berjalan lancar, khidmat dan kondusif.

Dalam kesempatan itu, pejabat lama Erdiansyah SSos MSi menyampaikan kesan dan pesannya kepada seluruh pasukan atau personil Satpol PP PKP agar selalu menjunjung tinggi solidaritas dan menjaga hubungan silaturahmi serta kekeluargaan dalam organisasi Satpol PP PKP tersebut.

“11 tahun bukanlah waktu yang singkat, sehingga ikatan kekeluargaan telah kuat terjalin, untuk ke depannya saya berharap agar tali silaturahmi ini tetap terjaga dalam wadah keluarga besar Satpol PP PKP Kabupaten Kuantan Singingi hendaknya,” kata Erdiansyah yang kini diamanahkan dalam jabatan barunya sebagai Kadissos PMD Kuansing itu.

Dimana Satpol PP PKP Kuansing ini, kata Erdiansyah, merupakan OPD Penegakkan Peraturan Daerah (Perda) dengan kata lain adalah untuk menjaga aset dan marwah daerah, termasuk pimpinan yang dipimpin oleh seorang Kepala Daerah, yaitu Bupati.

Lebih lanjut, Erdiansyah juga menyampaikan, bahwa pergantian pimpinan atau jabatan Kasatpol PP PKP Kuansing ini sudah melalui pertimbangan yang matang oleh Plt Bupati H Suhardiman Amby. Untuk itu, ia berharap agar seluruh jajaran untuk bisa mengikuti semua instruksi serta kebijakan pimpinan yang baru nantinya.

“Pesan untuk seluruh pejabat struktural, pejabat fungsional, dan seluruh pelaksana agar dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik di bawah kepemimpinan Plt Kasatpol PP PKP karena penunjukan dari Pimpinan pasti didasarkan pada alasan yang benar, baik karena beliau adalah orang yang telah lama bertugas di Satpol PP PKP, maupun karena kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya,” kata pria yang akrab disapa Anca itu.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Plt Kasatpol PP PKP Kuansing Shanti Evi Dimeti SH menyampaikan, bahwa selama 10 tahun lebih menjabat sebagai Kasatpol PP PKP Kuansing, Erdiansyah adalah sosok pemimpin yang baik dan selalu peduli dengan OPD yang di pimpinnya.

“Selama memimpin Satpol PP PKP, beliau telah memegang peranan yang penting dalam kepemimpinan yaitu di depan sebagai pemimpin dan pemberi teladan, di tengah sebagai penyemangat, dan di belakang sebagai penyokong dan pelindung,” ucap Shanti.

Lebih lanjut, Shanti Evi Dimeti yang diketahui juga sebagai pimpinan organisasi melekat KB FKPPI PC 0411 Kuansing itu mengatakan, bahwa waktu 11 tahun dalam sebuah organisasi dengan berbagai permasalahan dan kebersamaan bukanlah waktu yang singkat, serta bisa menjadi cerminan sebagai wujud perjuangan panjang dalam membesarkan Satpol PP PKP Kuansing.

“Kebersamaan selama 11 tahun merupakan salah satu bentuk perjuangan panjang dalam membesarkan organisasi Satpol PP PKP, yang dulu merupakan Kantor Polisi Pamong Praja yang dipimpin oleh Kepala Kantor (Kakan) dengan eselonering III a, atas dasar amanat Undang Undang (UU) dapat menjadi organisasi Satpol PP yang pertama kali di Provinsi Riau yang berubah dimana Kepala Satpol PP menjadi Eselon II b dan se Indonesia masuk dalam 10 besar organisasi Satpol PP yang menyesuaikan perubahan tersebut,” beber perempuan berparas cantik itu sedikit menceritakan terkait OPD Satpol PP PKP yang kini dipimpinnya.

Selain itu, Shanti Evi Dimeti juga menegaskan bahwa kebersamaan yang selama 2 periode lebih itu, secara hubungan baik sebagai keluarga besar maupun pribadi akan senantiasa terjaga nantinya. Demikian juga dengan seluruh personil Satpol PP PKP Kuansing diharapkan agar selalu kompak, satu komando, dan tingkatkan hubungan silaturahmi antar sesama sebagai wujud kepatuhan sebagai Pamong Praja terhadap pimpinan dan kesatuan yang menaungi.

“Kebersamaan ini tidaklah berakhir, baik dalam ikatan silaturahmi Keluarga Besar Satpol PP PKP maupun dalam garis koordinasi antar OPD dalam menjalankan tugas dan fungsi,” tandas Shanti Evi Dimeti.

(Yos)

loading...