Gedung DPRD Dharmasraya Didemo Ratusan Mahasiswa

509

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR — Ratusan Mahasiswa Kampus III Universitas Andalas (Unand) menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Kabupaten Dharmasraya, Selasa (18/09/2018). Aksi itu berlangsung jelang digelarnya rapat paripurna antara DPRD dengan pemerintah daerah terkait perubahan APBD tahun 2018.

Dalam Aksi tersebut, ratusan mahasiswa menyampaikan aspirasi dan keluhan mereka terkait minimnya fasilitas yang ada gedung dikampus III Unand. Mereka menuntut partisipasi pemerintah daerah beserta DPRD dalam mendukung terwujudnya sarana prasarana yang lebih baik dikampus tersebut.

Bupati BEM Unand kampus III Dharmasraya, Nanda Pratama Ardiansyah bersama Gubernur BEM Fakultas Pertanian Unand, Nanda Harahap kepada awak media mengatakan, fasilitas yang tersedia sekarang ini di kampus yang terletak di dekat simpang Silago, Nagari Sungai Kambut itu sudah kurang memadai, sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan dengan kondusif.

Dipaparkannya, kapasitas ruang belajar yang ada sekarang tidak sesuai lagi dengan jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Fasilitas penunjang juga minim, bahkan pintu salah satu ruangan belajar ada yang lepas, kata Nanda.

Ia berharap, hal ini dapat menjadi perhatian dari pemerintah daerah dan juga DPRD Kabupaten Dharmasraya.

“Saat ini proses belajar mengajar tidak dapat berjalan dengan ideal sebagaimana mestinya,” terang Nanda.

Aksi demo tersebut didengar dan diterima langsung oleh wakil Bupati Kabupaten Dharmasraya, H Amrizal Dt Rajo Medan, Ketua DPRD Dharmasraya, H. Masrul Maas didampingi unsur Pimpinan DPRD serta segenap anggota DPRD lainya. Aksi itu berlangsung dengan tertib dan aman dibawah pengawalan dari aparat kepoliasian dari Polres Dharmasraya.

Aksi ini berkahir setelah dilakukannya proses mediasi antara Mahasiswa, pemerintah daerah dan DPRD disalah satu ruangan yang ada di DPRD Dharmasraya. Ketua DPRD Dharmasraya, Masrul Maas sendiri ketika diminta tanggapannya usai proses mediasi mengatakan, pihaknya telah mendengarkan aspirasi yang disampaikan para mahasiswa.

Pemerintah daerah bersama DPRD sejauh ini lanjutnya, mendukung upaya peningkatan sarana prasaran di kampus III Unand Dharmasraya. “Dukungan itu tentu disesuaikan dengan ketentuan dan batas kemampuan Daerah,” sebut Masrul Maas. (Yanti/red)

loading...