Gandeng ACT, PMI Pasaman Barat Gelar Festival Vaksinasi COVID-19

143
Bupati Pasaman Barat, H Hamsuardi, saate meninjau kegiatan Festival Vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan secara berkolaborasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat dengan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (19/10).

Menggandeng salah satu kelompok relawan kemanusiaan yang tergabung dalam organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Festival Vaksinasi COVID-19, yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (19/10/2021).

Kepala Markas PMI setempat, Rida Warsa, disela-sela kegiatan itu mengatakan, Festival Vaksinasi tersebut merupakan bentuk kepedulian dan upaya mempercepat capaian target vaksinasi nasional di daerah itu serta menggelorakan semangat kebersamaan dalam nilai kemanusiaan melalui kegiatan donor darah dan sedekah pangan.

“Pandemi COVID-19 ini cukup meluluhlantakkan sendi kehidupan bermasyarakat, melalui kegiatan ini PMI ingin mengajak seluruh komponen khususnya di Pasaman Barat, bisa bergerak bersama menyukseskan giat vaksinasi agar Indonesia bisa segera keluar dari situasi Pandemi, ” sebutnya.

Disinggung tentang bentuk kegiatan yang dilaksanakan itu, Rida mengatakan selain melakukan vaksinasi bagi masyarakat pihaknya juga menargetkan pengumpulan donor darah sebanyak 100 kantong yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, pihak ACT selaku mitra juga ikut memberikan sumbangsih berupa penyediaan paket makanan siap saji kepada para peserta vaksinasi dan pendonor.

“Dengan adanya kolaborasi kegiatan seperti ini, kami yakin target capaian vaksinasi dan ketersediaan darah akan bisa dipenuhi secara bertahap dengan baik, ” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Program ACT Pasaman Barat, Gatot, terkait keterlibatannya dalam kegiatan itu mengatakan untuk menyukseskan Festival Vaksinasi COVID-19 tersebut, pihaknya menyiapkan sebanyak 300 paket makanan siap saji.

“Paket tersebut merupakan hasil kemitraan yang terjalin dengan umat melalui infak sedekah yang dikumpulkan oleh ACT, ” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, pihak ACT menerjunkan sebanyak 10 personel relawan dan satu unit food bus yang merupakan sumbangan salah satu produsen suplemen terkemuka di dunia, British Propolis.

Pihaknya berharap masyarakat bisa terbantu dan sekaligus perangsang bagi kelompok masyarakat berekonomi mampu bisa menyisihkan sebagian reskinya melalui kegiatan ACT.

“Selama enam sejak kehadiran kami Alhamdulillah dana yang sudah terkumpul sudah mencapai Rp 300 juta, semoga dengan keikutsertaan kami pada kegiatan ini dapat meningkatkan semangat berbagi bagi sesama, ” tutupnya.

Terpisah, Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi, saat mengunjungi kegiatan tersebut, mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan pihak penyelenggara.

“Pemerintah daerah saat ini sangat fokus dalam melaksanakan program vaksinasi nasional COVID-19, yang tujuan akhirnya adalah bagaimana efek kekebalan kelompok bisa tercipta ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

(RF)

loading...