Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2021, Wawako Erwin : “Kualitas Pemerintahan Tergantung Pada Kualitas Pemilihnya”

110

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Payakumbuh mengadakan evaluasi pengawasan tahapan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2021 yang dilaksanakan di Hotel Kolivera III Kota Payakumbuh, Selasa (23/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sambutannya mengatakan Bawaslu Kota Payakumbuh berhasil melaksanakan kegiatan dan pengawalan pemilu dengan baik, Meski dalam kondsi pandemi covid.

Ditambahkan Erwin keberadaan partai politik perlu adanya pergerakan kepada masyarakat. Negara butuh suport dari warga negaranya. Jika terjadi komunikasi yang baik, disitu akan terjadi peningkatan kualitas.

“Kualitas pemerintahan sangat bergantung pada kualitas pemilihnya. Masyarakat harus cerdas karena dengan hak pilih masyarakatlah dapat mengubah sistim pemerintahan yang berkelanjutan,” Ujar Erwin.

Diakhir sambutannya Erwin berharap seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu serentak untuk dapat lebih memantangkan persiapan dalam penyelenggaaran pemilu dimasa yang akan datang.

“Kita ucapkan selamat kepada bawaslu yang telah berhasil dalam pelaksanaan pemilu dengan sangat baik, mari stake holder kita berkerjasama dalam mengcerdaskan pemikiran masyarakat untuk pelaksannaan pemilu di masa yang akan datang,” Pungkas Erwin.

Ketua Bawaslu kota payakumbuh Muhammad Khadafi mengatakan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 Telah dilalui dengan berbagai dinamika. Tentu bagi bawaslu kota Payakumbuh, dinamika sebagai pengawas memiliki kesan tersendiri dan menjadi sejarah.

“Keberhasilan kita dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur kali Ini membuktikan apa yang dilakukan di kota Payakumbuh menjadi contoh di banyak tempat. Semangat kita bernegara tidak pernah luntur walaupun dalam kondisi Covid-19 karena menyangkut kepentingan masyarakat,” ujar Khadafi

Dalam proses pemilihan serentak tahun 2020 Kota Payakumbuh tidak memiliki kendala yang berarti dalam prosesnya. Untuk itu diucapkan terima kasih kepada stakeholder yang mensupport dan yang bertugas pada saat itu.

“Bawaslu berkomitmen jika terjadi kesalahan dalam proses pemilu yang diselenggarakan, Proses penindakan kita lakukan tanpa memandang status apapun. Hukum penindakan dalam pengawasan pemilu itu adalah wajib. Kita berharap semua proses pemilu dapat kita selenggarakan dengan baik,” Pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kota Payakumbuh, OPD terkait, Perwakilan Organisasi Masyarakat dan Insan Pers Kota Payakumbuh.

(ton)

loading...