Edukasi Luar Sekolah Traveling Bus Damri oleh TK Darul Ilmi Dapat Apresiasi

469

Mengenalkan alat transportasi kepada seluruh anak didik, Taman Kanak-kanak (TK) Darul Ilmi mengadakan acara traveling dengan Bus DAMRI Dharmasraya, Kamis (19/01/2022).

Selain mengajarkan materi pelajaran tema rekreasi kepada anak didiknya, guru-guru TK Darul Ilmi juga langsung memperkenalkan salah satu contoh alat transportasi kepada seluruh anak didik.

Bebekal surat izin orang tua anak-anak TK mengikuti lajunya salah satu kendaraan darat yakni Bus DAMRI.

Kepala TK Darul Ilmi Reni Rulita, S.Pd.l mengatakan kegiatan seperti ini rutin kita lakukan tiap bulan untuk mengenalkan langsung anak didik contoh dari apa yang menjadi pelajaran di sekolah.

“Ananda yang ikut kegiatan hari ini hanya ananda yang diberikan izin oleh orang tuanya, untuk itu kami dari pihak sekolah menyediakan surat izin bagi orang tua untuk di tandatangani. Alhamdulillah kegiatan kali ini kami ditemani oleh bapak Jorong Ganting Bapak Jhon Afrizal dan beberapa wali murid,” ucap Reni Rulita.

Didalam Bus DAMRI anak-anak didik tidak sekedar duduk menikmati pemandangan sepanjang rute perjalanan mereka juga diberikan edukasi tentang salah satu kendaraan darat terbesar.

“Di dalam bus kami mengenalkan tentang apa saja benda-benda yang ada beserta kegunaannya. Seperti kegunaan bangku, pendingin ruangan dan tempat gantungan tangan yang berwarna kuning. Selain itu kami juga menerangkan siapa saja yang harus didahulukan untuk mendapatkan tempat duduk di dalam bis seperti lansia, ibu hamil, orang berkebutuhan khusus dan ibu yang membawa balita,” Reni lanjut menjelaskan.

Salah satu orang tua murid TK Darul Ilmi yang turut mengikuti kegiatan anaknya dari awal sampai akhir mengatakan ikut senang dan mengapresiasi kegiatan edukasi luar sekolah yang diadakan TK Darul Ilmi.

“Saya dan beberapa wali murid yang bisa mendampingi anak-anak dalam kegiatan ini sangat mengapresiasi sekali, selain mendapatkan ilmu di kelas anak juga diperkenalkan langsung dengan objeknya seperti bus ini. Memberikan edukasi kepada anak-anak guna atau fungsi bus, terus bagaimana sikap yang baik ketika di dalam bus. Sepanjang perjalanan kami melihat anak-anak lebih cepat memahami setiap penjelasan guru mereka karena bersentuhan langsung dengan objeknya,” ungkap Yesi.

Kasi Kurikulum Paud dan TK Nani Rahayu Ningsih saat dikonfirmasi Topsumbar melalui via telepon mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan edukasi luar sekolah yang diadakan TK Darul Ilmi.

“Kegiatan mengenal objek seperti yang dilaksanakan TK Darul Ilmi ini sangat positif, dimana anak didik dikenalkan mana yang Bus DAMRI, fungsinya, bentuknya, bagaimana sikap yang baik di dalam bus, atitut, etika supaya mendahulukan yang tua, ibu hamil, berkebutuhan khusus untuk mendapatkan kursi tempat duduk, berarti itukan menanamkan karakter kepada anak dimasa emasnya,” terang Nani Rahayu Ningsih.

Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi sekali kegiatan TK Darul Ilmi ini dimana kegiatan yang dilaksanakan oleh para guru melibatkan orang tua, bermitra dengan pemerintah nagari seperti kepala jorong untuk sama-sama saling bersinergi mendukung proses belajar mengajar anak didik, tambah nya.

(Yanti)

loading...