Dipimpin Bupati Safaruddin, Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lima Puluh Kota Berlangsung Khidmat

397

Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 tahun 2021 di Kabupaten Lima Puluh Kota berlangsung khidmat, tertib, dan lancar.

Acara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota itu, dipimpin langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, dengan peserta upacara terdiri dari unsur Forkopimda, para pimpinan organisasi perangkat daerah serta TNI/Polri serta ASN, dalam jumlah yang terbatas serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19, pada Rabu, (10/11/2021).

Dengan mengusung tema ‘’Pahlawanku Inspirasiku” mengandung makna bahwa semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk mengemban misi bersejarah yaitu mengalahkan kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk mencontoh dan merespi nilai nilai serta perjuangan pantang menyerah dari para pahlawan.

Dengan kerja keras secara berkelanjutan, didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah, Indonesia mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

“Dalam 20 tahun mendatang (2020–2040) kita akan memasuki “bonus demografi”, yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan,” papar Menteri.

Tri Rismaharini berharap, melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini, dapat dijadikan momentum dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta keikhlasan dan tanggung jawab untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Apakah manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, jika kita bukanlah tuan dan nyonya di negeri sendiri? Oleh karenanya, kita akan membuka kesempatan bagi keluarga para penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan. Untuk itu, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Menteri Sosial RI itu berpesan kepada seluruh generasi muda Indonesia agar tidak putus asa dalam mengembangkan talenta di tengah keterbatasan yang ada.

“Semoga kita menjadi pemenang dalam era kehidupan normal baru. Mari satukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Mudah-mudahan Allah SWT melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita–cita para pahlawan,” tutur Risma.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo beserta rombongan forkopimda serta pimpinan OPD melaksanakan zirah dan tabur bunga ke Makam Pahlawan Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua.

(Ton)

loading...