Dharmasraya Matangkan Persiapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

396

Menurut Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Drs. Iqbal Ramadi Payana, M.Si, diruang kerjanya Rabu (17/02/2021), Pelantikan 12 Bupati dan Walikota di Provinsi Sumbar diperkirakan dilaksanakan tanggal 25, 26 dan 27 Februari 2021.

“Kita memperkirakan 12 Bupati dan Walikota terpilih nanti akan dilantik tanggal 25, 26 dan 27 Februari. Untuk saat ini jabatan kepala daerah yang kosong tersebut diisi oleh Sekda sebagai Plh,” kata Iqbal Ramadi Payana.

Iqbal mengatakan, adanya rentan waktu dari habisnya masa jabatan kepala daerah yang lama, dengan kepala daerah baru yang akan dilantik, karena dalam proses pelantikan butuh kesiapan SK dan persiapan pelantikan secara serentak.

“Butuh waktu juga untuk menyiapkan proses pelantikan. Seperti SK. Termasuk juga pelantikan kepala daerah yang diharapkan dapat serentak. Jangan sampai ada yang berbeda satu saja kepala daerah jadwal pelantikannya,” ungkapnya.

Sebanyak 12 kabupaten kota yang akan diisi jabatan Plh nanti, yakni, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kabupaten Solok, Dharmasraya, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanahdatar, Padangpariaman, Agam, Limapuluh Kota.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazuardi mengatakan saat ini persiapan rencana pelantikan bupati terpilih yang akan diselenggarakan secara virtual sudah disiapkan secara matang.

Ia mengatakan untuk teknis penyelenggaraannya ditangani oleh Kominfo daerah masing-masing termasuk Dharmasraya. “Untuk teknis dan persiapan lainnya sudah kita matangkan, kita saat ini hanya menunggu arahan dari provinsi, untuk kelengkapan sarana dan tempatnya sudah kita sediakan dan tetap dengan prosedur aturan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Plh Bupati Dharmasraya Adlisman juga mengatakan hal demikian, Ia mengatakan saat ini Dharmasraya telah siap untuk penyelenggaraan pelantikan bupati terpilih, walaupun bentuknya virtual Adlisman meminta seluruh OPD, Camat sampai ke tingkat nagari untuk menonton pelantikan secara langsung.

“Dharmasraya sudah siap untuk itu, alat kita lengkap kalau bisa kita tayangkan ke tingkat nagari agar semua masyarakat Dharmasraya bisa menyaksikan secara langsung pelantikan bupati terpilih,” katanya. (Yanti)

loading...