Dapatkan Terbaik Satu, Yarminetti : Grup Randai Talago Janiah Nagari Dilam Butuh Pembinaan Lebih lanjut

568

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Yarminetti

KABUPATEN SOLOK, TOP SUMBAR — Dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Solok, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok mengadakan berbagai ivent kesenian tradisional Alam Minangkabau yang ditampilkan, guna mengembangkan dan memotivasi anak muda Kabupaten Solok untuk terus berkarya melestarikan kesenian Alam Minangkabau tersebut.

Seperti kesenian Randai Grup Talago Janiah asal Nagari Dilam, Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok yang mendapatkan Sertifikasi Terbaik Satu (1) dalam Festival Randai di Arosuka Kabupaten Solok, yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Solok, Selasa (10/4).

Menurut Yarminetti Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Grup Randai Talago Janiah Nagari Dilam memang mempunyai potensi untuk dikenalkan ke nagara luar, akan tetapi untuk mencapai itu harus bisa melewati proses dan tahapan, sehingga Grup Randai Talago Janiah betul-betul memberi warna tersendiri mewakili Indonesia dan Sumatera Barat pada khususnya.

“Soal budaya, Nagari Dilam memang peminatnya lebih meningkat dari nagari-nagari yang lain. 17 Agustus lalu Dilam juga terlibat langsung dalam memeriahkan Pawai Budaya. Pada hal Nagari bisa dibilang jauh dari pusat kabupaten,” ungkap Yarminetti pada TopSumbar.co.id di Ruang Kerjanya, Rabu (11/4).

Yarminetti mengatakan untuk 2018 ini, Grup Randai Talago Janiah akan kita upayakan untuk ikut berkopetensi ditingkat provinsi, namun grup tersebut haruslah bisa memperbaiki segala kekurangan, sehingga Grup Randai Talago Janiah menjadi yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Solok.

“Untuk tampil di provinsi, grup ini memang harus ada pembinaan lebih lanjut, dan yang lebih penting lagi Pemerintah Nagari Dilam haruslah lebih giat lagi dalam mengorbitkan kesenian yang ada di nagari tersebut,” harapnya.

Yarminetti berharap pada Grup Randai Talago Janiah Nagari Dilam agar terus berlatih dan mengasah kreatifitas dalam memajukan kesenian itu, agar grup tersebut lebih unggul dari kabupaten lain.

Wali Nagari Dilam Sarwo Edi juga berharap untuk kedepannya Grup Randai Talago Janiah, terus dilakukan pembinaan dari Pemerintah Kabupaten ataupun provinsi. Sehingga grup tersebut betul-betul dikenal oleh di Sumatera Barat ataupun provinsi lain serta luar negeri.

“Dengan telah mendapatkan predikat terbaik satu, Grup Randai Talago Janiah itu diharapkan menjadi referensi dan motivasi bagi grup kesenian lainnya yang ada disetiap jorong Kenegarian Dilam ini,” kata Sarwo Edi.

Selain itu, lanjut Sarwo Edi, kita terus berharap pada pemerintah, agar terus membina kesenian lainnya yang ada di Kenagarian Dilam. Sehingga kegiatan anak muda terus dikembangkan dan hal itu tentunya dapat menghindari anak muda dari prilaku yang menyimpang, seperti Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT), menkonsumsi Narkoba dan yang lainnya. (Andar/Sy)

loading...