Bupati Sutan Riska Serahkan LKPD Ke BPK-RI Perwakilan Sumbar

66

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Dharmasraya tahun anggaran 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Barat, Rabu (10/03/21).

Penyerahan LKPD ini juga turut diikuti oleh tiga daerah lainnya di Sumbar, yakni Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman.

Penyerahan LKPD oleh Bupati Sutan Riska yang turut didampingi Sekretaris Daerah, Adlisman, Asisten Administrasi Umum, Martoni dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait ini diterima langsung oleh Plt. Kepala BPK-RI Perwakilan Sumatera Barat, di Kantor BPK Perwakilan Sumbar.

Bupati Sutan Riska yang pada kesempatan itu didapuk menyampaikan kata sambutan mewakili empat daerah dalam penyerahan LKPD kepada BPK pada hari ini mengucap syukur, karena pemerintah kabupaten dan kota yang hadir pada kesempatan ini telah melakukan amanat Undang-Undang untuk menyampaikan LKPD kepada BPK.

“Kita berharap, mudah-mudahan seluruh entitas pelaporan di Provinsi Sumatera Barat dapat menyerahkan LKPD ke BPK RI sebelum batas akhir penyampaian laporan, paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” ujar Sutan Riska.

Setelah diserahkan LKPD ini, imbuh bupati, Pemerintah kabupaten maupun kota siap menerima kedatangan Tim BPK dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan keterangan atau penjelasan pada saat pemeriksaan terperinci nanti.

Apabila terdapat temuan yang harus ditindaklanjuti, telah menjadi komitmen pemerintah kabupaten dan kota untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan di masa lalu, serta meningkatkan pengawasan dan pengendalian internal, mudah-mudahan membawa perubahan berarti sehingga meraih hasil yang lebih baik pada saat ini dan dimasa yang akan datang.

“Harapan kami, dengan kerja keras, doa dan kerjasama dari semua pihak, Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat pada tahun anggaran 2020 akan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian. Aamiin ya robbal’alamin,” ungkap Sutan Riska.

Pencapaian opini WTP, sebut Sutan Riska, merupakan keharusan dan kebanggaan tersendiri. Khususnya bagi Kabupaten Dharmasraya yang telah mencapai 5 (lima) kali berturut-turut.

“Sementara dalam kepemimpinan periode kedua kami ini, kami sangat berharap tetap mempertahankan pencapaian opini WTP pada LKPD Tahun Anggaran 2020 maupun dimasa yang akan datang,” tandas bupati dua periode ini. (Yanti/Rilis)

loading...