Bupati Pessel Kunjungi Warga Terdampak Bencana Tanah Longsor di Ujung Batu Ranah Pesisir

87

Bupati Pesisir Selatan, mengunjungi masyarakat yang terkena bencana tanah longsor di Ujung Batu, Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai Kecamatan Ranah Pesisir, Minggu (19/09).

Pada kesempatan itu, bupati didampingi, anggota DPRD Pessel, Novermal, Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Budiarto, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak yang diwakili Kabid Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Rita Susandra, Camat Ranah Pesisir Zul Arzil.

Dalam kunjungan tersebut bupati selain
menyerahkan bantuan juga melakukan dialog dengan masyarakat yang terdampak tanah longsor.

Sebagimana diketahui, sebanyak delapan buah rumah warga masyarakat di Ujung Batu, Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, tertimpa tanah longsor, Sabtu (18/09).

Dari delapan tersebut tiga rumah rusak berat, yaitu rumah Ropika Yanti/Yan Sabastian, Topit/ Ramhmadani dan Aidil Fitri / Osmaini.

Sedang rumah rusak kategori sedang tiga buah yaitu rumah Ben Suhendri/Fitradewita, Pendi/Yelisman, Liber Waneri/Jasma dan sisanya rusak ringan yaitu rumah Harusman/Peni Warni
Erman/Rosmaniar.

Adapun batuan yang diserahkan secara simbolis oleh bupati pada saat itu, makanan siap saji, terpal, selimut, kasur, family kit, peralatan dapur, serta bantuan lainnya. Pada kesempatan itu bupati juga menyerahkan batuan uang dari anggota DPR RI, Andre Rosiade dan anggota DPRD Pessel, Novermal

Dalam kesempatan itu, Bupati Rusma Yul Anwar, menyampaikan rasa duka kepada masyarakat yang rumahnya tertimpa tanah longsor.

“Atas nama pemerintah dan pribadi kami ikut prihatin atas bencana yang melanda masyarakat Kampung Ujung Batu Air Tambang,” katanya.

Terhadap warga yang rumahnya tanah longsor, bupati menyarankan kepada warga yang rumah tertimpa tanah longsor untuk tidak membangun kembali rumah di lokasi yang sama karena sangat rawan.

“Sebaiknya tidak membangun kembali rumahnya dengan di lokasi sama tetapi harus pindah ke tempat yang lebih aman,” kata Bupati.

Lebih lanjut, berkaitan pembangunan kembali rumah yang rusak akibat longsor, kata bupati pihaknya akan membicarakan dengan BAZ Nas kabupaten dan BPBD. Selain itu, bupati juga berjanji akan menyampaikan permasalahan ini kepada anggota DPR RI, Andre Rosiade.

Pada kesempatan itu, Bupati Rusma Yul Anwar, juga mengingatkan masyarakat yang bermukim di wilayah perbukitan agar tetap waspada, karen dalam kondisi cuaca musim hujan rawan longsor.

“Bila perlu untuk sementara warga yang bermukim di lereng bukit pindah ke rumah famili,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Pesisir Selatan asal Kecamatan Ranah Pesisir, Novermal, menyampaikan, terimakasih atas kunjungan Bupati Rusma Yul Anwar.

“Saya atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih atas respon bupati terhadap bencana yang melanda masyarakat,” kata Novermal.

Senada dengan bupati, Novermal, menyarankan agar masyarakat terdampak tanah longsor merelokasi bangunan rumahnya ke lokasi lain.

Berkaitan degan usaha membangun kembali rumah masyarakat, pihak juga sudah menghubungi beberapa pihak swasta untuk ikut berpartisipasi membantu mereka.***

loading...