Bupati Buka Musrenbang RKPD Tahun 2019

564

DHARMASRAYA, TOPSUMBAR–Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, membuka secara resmi Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) tahun 2019, di Auditorium Dharmasraya, Selasa (27/03). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perangkat daerah, camat, wali nagari dan stakeholder lainnya itu turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, Ketua DPRD, Masrul Ma’as beserta anggota, Plt Sekda, Leli Arni, Forkopimda dan sejumlah undangan dari kabupaten tetangga.

Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Dharmasraya, Zulkarnaini, dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RKPD ini merupakan tahap lanjut dari Forum Perangkat Daerah yang telah dilaksanakan pada 20-21 Maret lalu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh rancangan Rencana Kerja OPD hasil forum OPD dengan cara meninjau keserasian antara seluruh rancangan Renja OPD yang hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD,” ujar Zulkarnaini.

Sementara itu, bupati dalam sambutan dan arahannya menekankan, pelaksanakan Musrenbang RKPD yang dilaksanakan selama dua hari itu (27-28 Maret), diharapkan betul-betul menjadi forum untuk menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah dan mendukung program pemerintah pusat.

Tidak hanya itu, bupati juga menekankan, dalam rangka menuntaskan berbagai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat, Perangkat Daerah terkait diharapkan dapat mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat dan terencana dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap.

“Kesempatan ini adalah saat yang tepat dalam memberikan masukan dan memilih program serta kegiatan sesuai skala prioritas. Maka dari itu diharapkan kepada seluruh peserta untuk aktif dalam musrenbang ini, agar dalam menentukan skala prioritas lebih mengedepankan kepentingan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas bupati.

Sementara itu juga, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Masrul Ma’as, dalam kesempatan itu menyampaikan, agar dalam penyusunan RKPD, perangkat daerah juga turut mempertimbangkan pokok-pokok pikiran dari DPRD.

“Kita berharap, penyusunan APBD tahun 2019 nantinya betul-betul berpihak pada kepentingan masyarakat,” tandas Masrul Ma’as. (H/Rls)

loading...