BI Sumbar Adakan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau

40

Mendukung Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Road to FESyar Sumatera; “Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESmina) di Padang pada 3-5 Agustus ini.

Dibuka Wakil Menteri BUMN, Pahala Mansyuri, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, S.P, Koordinator Bl Wilayah Sumatera, Soekowardojo, Kepala Perwakilan Bl Sumbar, Wahyu Purnama A, Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rahardjo.

FESmina menggelar empat kegiatan utama yang bertujuan untuk memulihkan ekonomi masyarakat Sumbar. Di antaranya Opening Ceremony, Syariah Ekonomi Forum, Syariah Fair dan Tabligh Akbar.

Wahyu Purnama mengatakan, dengan diadakannya kegiatan FESmina ini, bisa menjadi agenda rutin tahunan dalam pengembangan ekonomi syariah di Sumbar. FESmina juga mengadakan berbagai perlombaan yang mana pemenang dari setiap perlombaan, nantinya akan mewakili Sumbar di tingkat FESyar Regional Sumatera.

“Perlombaan itu di antaranya Pemilihan Lembaga Siswa Terbaik, Pemilihan Wirausaha Muda Berbasis Syariah, Lomba Kreasi Busana Muslim dengan menggunakan kain daerah dan Lomba Video Nasyid. Nantinya akan menjadi perwakilan Sumbar di FESyar Regional Sumatera,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut terpilihnya Sumbar sebagai Pilot Project Wakaf Produksi Nasional, pada pembukaan FESmina 2021 ini Kantor Perwakilan Bl Sumbar bekerja sama dengan Pemprov juga meluncurkan Gerakan Minangkabau Berwakaf.

“Perkembangan ekonomi syariah di daerah tidak lepas dari dukungan dan kolaborasi berbagai instansi dan lembaga, juga kolaborasi dengan menteri,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Secara keseluruhan kolaborasi ini, katayanya, maka Pemprov menetapkan Agustus ini sebagai Bulan Ekonomi Syariah Sumatera Barat.

Turut hadir secara virtual dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul didampingi Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Iriansyah Tanjung, SE, M.Si, serta kepala OPD terkait. (AL/Kominfo)

loading...