Besok, Padang Panjang Terima Inagara Award 2021

82

Jika tak ada aral melintang, Jumat (6/8), Kota Padang Panjang akan dianugerahi Inagara Award Tahun 2021 oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kepastian itu diterima berdasarkan surat Deputi Kajian Kebijakan Inovasi Administrasi Negara No. 3881/D.I/KDI.02 tertanggal 3 Agustus 2021.

Secara virtual, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano akan menerima penghargaan tersebut bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun LAN ke-64. Kota Padang Panjang akan menerima penghargaan bersama lima kabupaten dan satu kota lainnya di Indonesia.

Kepada Kominfo, Kamis (5/8), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rusdianto, S.IP, MM menyebutkan, Inagara Award adalah penghargaan yang diberikan LAN kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi dan sungguh-sungguh dalam mengembangkan dan menguatkan sistem inovasi di daerah masing-masing.

“Berdasarkan kriteria penilaian dan bukti-bukti (evidences) yang disampaikan kepada Tim Penilai dari LAN, Pemerintah Kota Padang Panjang dinilai memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan inovasi daerah. Serta konsisten memastikan inovasi yang telah dicetuskan berjalan sesuai rencana dan berkelanjutan,” jelasnya.

Perkembangan inovasi di lingkungan Pemko yang cukup menggembirakan ini, katanya, tidak terlepas dari kerja sama Padang Panjang dengan LAN melalui Nota Kesepahaman atau MoU yang ditandatangani wali kota bersama kepala LAN pada 5 Februari 2020 lalu di Jakarta.

“Salah satu tindak lanjut dari MoU tersebut adalah kerja sama pelaksanaan Laboratorium Inovasi di Kota Padang Panjang. Hal itu guna meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik sesuai amanat UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah,” paparnya. (AL/max)

loading...