Batang Aia Subaliak Alahan Panjang, Jadi Kawasan Ikan Larangan

820

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin melepas bibit ikan di Batang Aie Subaliek, Alahan Panjang

KABUPATEN SOLOK, TOP SUMBAR – Banyaknya manfaat yang bisa diambil dari sungai yang ada di Alahan Panjang, yang dijadikan sebagai tempat pengembangan kawasan ikan larangan.

Diantaranya bisa menumbuhkan budaya hidup bersih dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menggalang rasa persatuan dan kesatuan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, dalam arahannya di Mesjid Raya Muhammadiyah Alahan Panjang, sebelum pelepasan bibit ikan di Batang Aia Subaliak, jorong Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Kamis (21/9).

“Kalau kawasan ikan larangan tersebut dikelola dengan baik, bisa dijadikan salah satu daya tarik wisata dan pengembangan wisata kuliner di Alahan Panjang,” kata Yulfadri Nurdin.

Yulfadri Nurdin menambahkan, kita sangat mengapresiasi dan menghargai upaya masyarakat dan pemuda Nagari Alahan Panjang menjadikan sungai sebagai kawasan ikan larangan ini. Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat tak lagi membuang sampah dan kotoran kedalam sungai.

Dengan pemanfaatan sungai sebagai tempat pengembangan ikan larangan, hal itu juga membuktikan kalau antara pemerintah daerah dan masyarakat saling bersinergi dalam pembangunan.

Pada kesempatan itu Yulfadri Nurdin juga memaparkan berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Lembah Gumanti. Diantaranya pembenahan pasar Alahan Panjang dan sekitarnya, termasuk hal pengelolaan sampah.

“Dalam waktu dekat akan segera dimulai pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Sungai Nanam, yang pembangunannya bekerjasama dengan investor luar negeri. Selain itu juga akan ditertibkan bangunan kios yang berada disekitar terminal,” jelas Yulfadri Nurdin.

Sebelumnya panitia pelaksana pelepasan bibit ikan larangan melaporkan, untuk program Kawasan Ikan Larangan tersebut telah terkumpul sumbangan masyarakat Rp 21 juta lebih. Dana tersebut dipergunakan untuk membersihkan Batang Aia Subaliak, pembuatan tanggul-tanggul agar ikan tak hanyut ke hilir sungai dan pembelian bibit ikan.

Pada pelepasan bibit ikan di Batang Aia Subaliak tersebut telah dilepaskan 16.000 bibit ikan yang didatangkan dari Padang Balimbiang. 3000 ekor diantaranya adalah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Solok, yang menurut Yulfadri Nurdin sedang diusahakan penambahan 3000 bibit ikan lagi dalam waktu dekat.

Hadir pada kegiatan itu Camat Alahan Panjang Zaitul Ikhlas, Wali Nagari Alahan Panjang terpilih Irfan Syukri dan tokoh masyarakat dan pemuda Alahan Panjang. (Andar)

loading...