Bangun Jorong Kapujan, Aliansi Mahasiswa Solok Siapkan Program Jitu

242

Aliansi Mahasiswa Solok (AMS) membuat program pengabdian pada masyarakat, tepatnya di daerah tanpa aspal yang indah dan tentram yang tak dikenal banyak oleh masyarakat umum, Jorong Kapujan, Nagari Ranking Huluih, Kabupaten Solok, dari Tanggal 10 sampai 14 Juli 2021.

Pembukaan kegiatan ini langsung dihadiri oleh Wakil ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir S, Farm, Wali Nagari Ranking Huluih Abu Tasar S, Sos, Kepala Jorong Kapujan Darman, Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Solok Anggra Islami Dasya, dan tokoh-tokoh masyarakat yang berada di daerah Kapujan tersebut.

Kegiatan pengabdian ini diangkatkan oleh Aliansi Mahasiswa Solok se Indonesia atau biasa disingkat AMS yang bertujuan untuk mendevelop/mengembangkan suatu daerah yang masih terbilang tertinggal daripada daerah lainnya di Kabupaten Solok berdasarkan kebutuhan yang telah dikaji berdasarkan observasi.

“AMS melakukan pengabdian di beberapa bidang yakni pendidikan, kesehatan, sosial dan kewirausahaan. AMS menetapkan bahwa pendidikan menjadi fokus utama dalam pengabdian masyarakat ini. Dibidang pendidikan AMS turunkan menjadi dua program utama yang menjadi program andalan pengabdian AMS ini,” ujar Anggra, Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Solok.

Program pertama mengajar, merangkul anak Sekolah Dasar daerah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan potensi jorong Kapujan , apa yang akan ditingkatkan pasti jadi pertanyaan berikutnya yakni mengenai motivasi pendidikan, minat baca dan pengembangan karakter (hal ini salah satu faktor yang menjadi masalah di daerah ini ) salah satunya kualitas pendidikan yang di level masih belum signifikan.

Program kedua membangun perpustakaan. perpustakaan ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak maupun umum untuk meningkatkan minat baca terutama tingkat literasi penduduk Kapujan ini. Para mahasiswa asal Solok berusaha menyumbang buku, yang kemudian diarsipkan, kemudian disosialisasikan kepada masyarakat sekitar, dan diharapkan perpustakaan ini bisa jadi pusat perpusatakaan desa, sambung Anggra.

Selanjutnya di bidang sosial AMS membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Jorong Kapujan dan membuat bak sampah untuk tempat pembuangan sampah dan pembakaran sampah masyarakat Jorong Kapujan.

Di bidang kesehatan, AMS berencana memberikan konsultasi kesehatan gratis untuk masyarakat dan penyuluhan tentang kesehatan dari mahasiswa-mahasiswa kesehatan. Dan terakhir di bidang kewirausahaan yaitu menganalisis potensi daerah dan membantu mempromosikan dan mempublikasikan kerajinan atau potensi lainnya di daerah Kapujan.

“Alhamdulillah saya bisa hadir bersama adik-adik mahasiswa dalam acara pengabdian masyarakat di Kapujan ini, dan ini mengingatkan saya terhadap masa KKN waktu kuliah di Universitas Andalas. Dalam rangka pengabdian masyarakat mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat Jorong Kapujan,” kata Ivoni Munir, Minggu (11/07/2021).

Sementara Wali Nagari Ranking Huluih Abu Tasar S, Sos. mengatakan harapan masyarakat agar jalan di Jorong Kapujan bisa diaspal dan mampu membuat kenyamanan bagi warga.

Untuk mewujudkan program-program tersebut diperlukan suatu usaha, niat, dan tekat yang kuat upaya untuk menyukseskan suatu kegiatan tersebut yang konkrit dan inovatif dari masyarakat dan pemerintah Nagari Rangkiang Huluih tutur Anggra, Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Solok. (Red)

loading...