Antisipasi Terjangkit Corona, Pihak UNP akan Bagikan Masker Gratis ke Mahasiswa

281

Kekhawatiran masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) terhadap virus Corona, terutama di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) dan universitas lainnya di Sumbar ini, membuat pihak universitas cepat tanggap dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona tersebut.

Wakil Rektor II UNP Ir Drs Syahril, ST pada TopSumbar.co.id, Senin (2/3/2020), menyebutkan pihak UNP harus meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona agar tidak mewabah di daerah kampus khususnya di UNP ini.

“Rektor sudah memberi arahan, bagaimana seluruh mahasiswa akademika UNP ini bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona, salah satunya dengan memakai masker,” kata Syahril.

Lebih lanjut Syahril mengatakan, sekarang ini pihak UNP sedang berupaya mencari masker untuk dibagikan secara gratis pada seluruh mahasiswa.

“Kita terus mengingatkan, serta mensosialisasikan agar terus melakukan gerakan mencuci tangan selama 20 detik, dan diamalkan sesuai ajaran rasulullah seperti berwuduk,” ucapnya.

Dipaparkannya, selain itu pihak UNP juga kewalahan dalam mendapatkan masker dalam jumlah banyak, dengan waktu cepat dan mengubah kebiasaan dari biasa tidak pakai masker, sekarang harus pakai masker itu juga sulit.

“Seperti yang kita lihat, seluruh universitas di Sumbar ini tidak ditemukan gejala Corona tersebut. Namun kita perlu mengantisipasi, mewaspadai agar tidak terjadi dan mahasiswa UNP tidak terjangkit,” katanya.

Untuk tahap pertama ini, imbuhnya, kita akan mendistribusikan 4 ribu masker, 1 orang mahasiswa diberi 2 masker agar pemakaian bisa dipergatikan. Masker yang di pakai ini hendaknya yang kuat agar bisa dipakai lama, bisa dicuci dan tidak terbuang.

“Ada 12 ribu orang mahasiswa setiap hari yang beraktivitas di UNP. Sekarang ini mahasiswa UNP ada sekitar 40 ribu orang, baik yang beraktivitas di luar kampus ataupun beraktivitas di dalam kampus,” tutupnya. (Syafri)

loading...